Selasa, 03 Mei 2016

JT 030516 : Kapal China Cosco Dapat Kesempatan Pertama Lewati Terusan Panama

Promosi bahwa Terusan Panama akan menjadi alternatif jalan pintas kapal2 gede di masa mendatang, perlu bukti. Setelah proses renovasi, kapal milik China Cosco Shipping (hasil merger antara CSCL dan Cosco) berhasil mendapat ijin melewati terusan ini.

Rencananya, pada tgl 26/06 mendatang kapal Andronikos (9.400 TEUs) akan menjadi catatan sejarah Terusan Panama, saat kapal sepanjang 299,98 meter (buletin aja jadi 300 meter) dan beam 8,25 meter akan melintasi jalan pintas yang memisahkan 2 (dua) samudera besar.

Otoritas terkait (Panama Canal Authority) menyampaikan bahwa lebih dari 100 kapal neo-panamax menunggu giliran bisa melintasi Terusan Panama yang baru aja selesai direnovasi. Tapi kapal China Cosco yang berhasil mendapat kesempatan pertama. Congrats !

Selain kapal container, otoritas Panama juga mengijinkan pihak Wallenius Wilhelmsen Line (WWL) dengan kapal khusus angkutan kendaraan, Thalatta ikut berpartisipasi dalam acara peresmian tersebut.

Car carrier tsb mampu membawa 8.000 CEUs (car equivalent units), dengan beam 36.5 meter dan panjang kapal 199.97 meter. Nyaris 200 meter tuh. Jadi di undangan nanti, pasti ada perwakilan dari China Cosco dan juga delegasi WWL. Hmm … tooooop.

Kita tunggu kelanjutan infonya ya. Sayang undangannya gak dijual bebas kayak mo nonton konser musik, jadi … ya nunggu kabar selanjutnya. Stay cool.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar