Selasa, 17 Mei 2016

JT 170516 : Transportasi Perancis Terancam Lumpuh

Dalam minggu ini, Perancis terancam lumpuh total setelah asosiasi serikat pekerja (SP) sejumlah moda angkutan, seperti truk, kereta api dan maskapai penerbangan berniat bersama2 melancarkan aksi gede2an untuk mendapatkan tanggapan positif pemerintah.

Mereka protes atas kebijakan pemerintah yang dinilai gak memihak kebutuhan pekerja. Biasa nih, dimana2 alasannya sama. Dalam minggu ini aja, rencananya bakal ada 2 (dua) hari yang dialokasikan, cuma kapannya, itu yang belon disepakati SP.

Gak cuma jalan raya yang bakal diblokade supir truk. Alur selat yang menghubungkan Inggeris – Perancis juga bisa terkena dampak namun pernyataan dari operator kapal feri P&O Ferries, mereka akan tetap buka dan melayani penumpang seperti biasa.

Pelabuhan laut yang dibidik untuk jadi ajang demo yaitu Dunkirk dan Calais karena disinilah pusat pelayaran cross-Channel terpusat. Sedangkan target supir truk terpusat di Caen. Lantas apakah sektor perkeretaapian juga akan mogok ?

Sepertinya massal tetapi blon bisa dipastiin nih karena banyak info masih simpang siur. Kita update lagi klo dah ada kejelasan ya. Harapannya sih, gak usah pake mogok dan demo deh, rakyat juga yang susah …

Sebenernya, pokok permasalahan demo ini apa sih ? Kabarnya mengenai aturan perburuhan anyar dan juga kondisi2 lainnya. Nah rinciannya seperti apa, hanya mereka yang tahu. Sabar yeee … klo ada bocorannya pasti diceritain deh.

Beberapa waktu lalu, asosiasi supir truk mo ngehadap ke Menteri Perhubungan disono tapi gak direspon. Salah satu yang mo ditanyain menyangkut minimnya biaya uang lembur. Tuh seberapa kecil dan ada kondisi apalagi, itu yang masih kita cari tahu.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar