Kamis, 12 Mei 2016

JT 120516 : Safmarine Meru Vs Northern Jasper

Tabrakan di laut kembali berulang. Kali ini menimpa kapal milik Maersk Line, Safmarine Meru (berkapasitas 4.650 TEUs) yang bertabrakan dengan kapal berbendera Liberia, Northern Jasper (8.400 TEUs), milik Norddeutsche Reederei NAV, Jerman.

Peristiwa tabrakan ini terjadi di lepas pantai Ningbo, Tiongkok tgl 10/05 lalu. Akibat tabrakan kedua kapal kontainer tsb, menyebabkan sejumlah kerusakan, terutama kapal Safmarine Meru, bahkan sempat mengeluarkan api / terbakar.

Saat kejadian, Safmarine Meru sedang dalam perjalanan dari Qingdao – demikian pernyataan dari kubu Maersk Line. Saat terjadi kebakaran, penanganan diprioritaskan dan anak buah kapal (ABK) dalam kondisi sehat dan selamat.

Saat kapal mengalami kebakaran di bagian tengah, setidaknya 11 kontainer diperkirakan rusak parah sedangkan yang terdekat dengan api masih dalam penyelidikan. Kabarnya kontainer yang terbakar berisi barang berbahaya dan bahan kimia sehingga mudah meledak.

Menurut laporan media setempat, kedua kapal mengalami kerusakan yang lumayan. Hal tsb ditandai dengan adanya tindakan evakuasi. Sejumlah kapal tunda, kapal patrol dll ikut serta dalam proses evakuasi tsb.

Nortern Jasper sedang dalam perjalanan dari Zhousan ke Yangshan sedangkan kapal Safmarine Meru dalam perjalanan dari Qingdao menuju Ningbo. Kini kedua kapal diamankan dan menunggu hasil investigasi lebih lanjut.

Ikut prihatin deh …


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar