Jumat, 20 Mei 2016

JT 200516 : Terbentuknya Aliansi Anyar : THE

Semakin sering pembicaraan aliansi strategis di industri pelayaran, karena hal ini terkait erat dengan perkembngan terkini yang terjadi. Gak ngikutin, ya bakal bablas angine alias ketinggalan jaman karena perubahan demikian cepat.

Simak aja deh tentang rencana CMA CGM menggandeng China Cosco (hasil merger antara CSCL dan Cosco) serta menarik Evergreen dan OOCL, membentuk aliansi anyar yang diberi nama Ocean Alliance (OA).

CMA CGM dan CSCL (China Shipping Container Lines) mantan anggota aliansi Ocean 3 (O3) bersama UASC. Depak-mendepak rupanya udah jadi tradisi nih he he … Sebelumnya CMA CGM trauma didepak dari P3-network yang digagas bersama Maersk Line dan MSC.

Kini Maersk Line dan MSC membentuk 2M dan CMA CGM udah lebih pede dan ngebentuk aliansi baru. UASC yang tergeser dan ditinggal sendirian didekati oleh Hapag-Lloyd (H-L) sampe2 keceplosan isu buat merger sekalian.

Bila OA mendapat persetujuan dari otoritas terkait, maka 2M dan OA menjadi 2 (dua) aliansi tergede di dunia. Nah H-L berniat menggandeng mantan anggota aliansi G6 dan CKYHE yang kini tercerai-berai.

H-L udah bersepakat mengundang 5 (lima) pelayaran Asia : Hanjin Shipping (Korea Selatan), MOL (Jepang), NYK Line (Jepang), “K”Line (Jepang) dan Yang Ming (Taiwan). Malah Hyundai Merchant Marine (HMM) yang sedang terkena isu keuangan, pun pengen nimbrung.

Rencananya, aliansi baru yang sedang dirintis bakal diberi nama THE Alliance dan bila otoritas terkait memberikan ijinnya, minimal bisa mulai beroperasi mulai bulan April 2017 mendatang. Lha rentang kerjasama yang selama ini dibentuk gimana ?

Ssssst …. disesuaikan dengan sikon aja deh. Eiiiits, dari hasil ngundang-mengundang disini, rupanya H-L juga tertarik dengan profil UASC yang punya kekuatan armada gede, baru pula. Nah, isu ini dilansir sebagai pemicu rumors merger antara keduanya.

Bagaimana juga perkembangan rencana merger H-L dan UASC, masih terus bergulir dan dalam waktu dekat bakal diadakan voting dan pembicaraan lebih lanjut antara H-L dan UASC. Kita sih nunggu kabar lanjutan aja.

Sekilas kapasitas masing-masing pelayaran di keanggotaan aliansi - sebelum format terbaru dengan kehadiran Ocean Alliance (OA) dan THE Alliance.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar