Rabu, 04 Mei 2016

JT 040516 : EC Setujui Akuisisi NOL/APL Oleh CMA CGM


Rasanya gimana gitu, saat pelayaran terbesar ke-3 di dunia CMA CMA mendapat persetujuan dari European Commission (EC) terkait ihwal akuisisi pelayaran Perancis tersebut atas pelayaran milik Singapura, NOL.

Proposal yang diajukan ke EC pada tgl 08/03 lalu, di Fase 1 NOL akan menarik diri dari aliansi strategis G6 (ini atas nama APL loh), karena nantinya setelah diakuisisi servis antara CMA CGM bakal dikocok lagi menjadi Ocean Alliance (kayaknya).

Saat ini, CMA CGM merupakan dedengkot Ocean 3 (O3) barengan dengan UASC dan China Shipping Container Lines (CSCL). Malang gak bisa ditolak, pemerintah Tiongkok akhirnya melebur juga CSCL + COSCO menjadi China Cosco Group. Hmmm.

Lebih uedannya lagi, CMA CGM (termasuk APL) menggandeng China Cosco dan menarik Evergreen serta OOCL membuat geng baru yang diberi nama Ocean Alliance tadi. Pokoknya konstelasi industri pelayaran tahun ini akan berubah banyak. Bingiiiitz.

Perkembangan CMA CGM dalam 10 tahun belakangan ini memang luar biasa ekspansif. Memperlebar lingkup servis dan memperbanyak akuisisi pelayaran musuh menjadi bagian dari CMA CGM Group tanpa merubah entitas aslinya. Biasanya begitu.

CMA CGM didirikan oleh Jacques Saade dan saat ini mengoperasikan 470 unit kapal berbagai ukuran, eksis di 400 pelabuhan yang tersebar di seantero dunia (lima benua). Di tahun 2015, CMA CGM berhasil mengangkut 13 juta TEUs.

Jumlah total karyawan CMA CGM Group mencapai 22.000 orang, termasuk 2.400 orang di kantor pusatnya di Marseilles. Sedangkan NOL merupakan slaah satu afiliasi Temasek Group yang terdaftar di bursa saham Singapura dan memiliki pelayaran dengan brand APL.

APL memiliki banyak kelebihan selama ini, disamping terdepan dengan teknologi informasinya, juga memiliki servis yang lengkap yang dibutuhkan CMA CGM, selain brand-nya yang memang aduhai sejak lama. Powerful bingiiitz di pasar.

Nah, kedepannya mo gimana dan seperti apa, yuuuk kita tunggu aja ya gebrakan CMA CGM Group dan juga aksi Ocean Alliance dalam menghadapi aliansi strategis lain

Untuk keterangan lebih lanjut terkait transaksi dimaksud, silahkan klik dedicated website www.ccn-web.com.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar