Selasa, 29 Desember 2015

JT 291215 : Rencana Merger CP-NS Gak Berjalan Mulus


Rencana merger seperti jadi tren di musim akhir tahun. Gak hanya ada di industri pelayaran, karena nyaris semua industri yang menyadari ketatnya persaingan, akan melakukan hal serupa : akuisisi ato merger.

Kedua hal diatas sudah menjadi pilihan terakhir, untuk mempertahankan kelangsungan hidup sebuah perusahaan sekarang ini. Sebut saja di industri pelayaran, ada akuisisi CMA CGM atas APL dan Cosco Container Lines (Coscon) membeli asset CSCL.

Lantas belum lama berselang di industri elektronika yang gegap gempita oleh serbuan Jepang di tahun 1970 hingga tahun 2000-an, kini justru mengalami masa-masa suram dimana setiap kali ada akuisisi, justru perusahaan Jepang yang diincar. Ada apa ya ?

Setelah Toshiba diakuisisi oleh Skyworth, lantas kini ada isu sebuah perusahaan Taiwan, Foxconn, ingin membeli saham perusahaan elektronik Jepang, Sharp. Foxconn di negaranya memiliki nama Hon Hai Precision Industry.

Lantas di industri perkeretaapian di Amrik, kabarnya pihak Canadian Pacific Railways (CP) tengah berupaya mendapatkan Norfolk Southern Railway (NS) tetapi dalam pernyataan resmi terakhir, proposal CP ditolak oleh NS.

Penyebab ditolaknya pinangan CP atas NS kabarnya santernya desas-desus bahwa merger ini hanya akan menguntungkan pihak perusahaan Kanada dan juga otoritas terkait, dikabarkan sudah diminta menghadang rencana tersebut.

Mana yang benar memang masih sumir tetapi arah menuju akuisisi ato merger memang gak bisa dibendung, akan menghampiri siapa saja yang tengah tersandung isu keuangan dan pasar.

Info terbaru menyebutkan, eksekutif dari kedua perusahaan akan duduk bersama dan merumuskan keinginan masing-masing agar proses merger bisa dilanjutkan kembali. Terlepas ada isu politis ato ngga, ya itu urusan dalam negeri disono deh.

Ikut memonitor dan simak terus perkembangannya disini.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar