Senin, 21 Desember 2015

JT 211215 : Iran Bangun Armada Kapal Gede-gedean

Setelah sempat dihantam sanksi ekonomi oleh Amrik dkk, kini Republik Islam Iran (dikenal dengan nama Iran) sedikit bisa legowo dan menarik nafas panjang agar bisa berkecimpung kembali dalam memeriahkan aktifitas perdagangan internasional.

Gosipnya nih, perusahaan pelayaran asal Iran, yakni Islamic Republic of Iran Shipping Lines (IRISL) berencana memesan kapal kontainer 18.000 TEUs dari salah satu galangan kapal di Tiongkok – demikian menurut Press TV Iran.

Secara total, pesanan kapalnya bisa mencapai angka fantastis sekitar 600.000 TEUs ditambah sejumlah kapal barang umum dan kapal curah. Sekarang ini, IRISL memiliki armada kapal 160 unit dan (pernah) disegani oleh lawan-lawannya.

Kini dengan kesiapan dana untuk ekspansi sedangkan di luaran sana orang masih mikir 2x buat ekspansi, IRISL malah melawan tantangan tsb dengan rencana pembangunan gede-gedean armada kapal lautnya.

Menurut pengamat yang gak mo disebutin namanya, upaya IRISL melakukan pembangunan massif ini gak terlepas dari program modernisasi armada kapal dagangnya. Dan untuk mengimbangi kompetisi di masa depan, IRISL harus bisa menyesuaikan diri.

Seperti disadari, walau embargo blon sepenuhnya dicabut tetapi pihak Teheran sudah kasak-kusuk duluan. Salah satu upaya tersebut yakni mencari lembaga perbankan dan galangan kapal, yang siap menampung pesanan Iran.

Siapa juga yang nolak klo prinsip wani piro dipenuhi ? Jangan ngomong dulu kapal ini mo dioperasikan dimana, wong masih dalam tahap survei tapi keinginan kuat ini sudah harus diwaspadai oleh para kompetitornya.

Just keep on watching. Klo dipikir-pikir nih, orang lain justru sebisa mungkin menolak kapal gede karena sudah over-supply Bro’ dan Evergreen pernah menyatakan kapal yang ideal itu ya ukuran 18.000 TEUs.

Lantas, apakah klo ada pesanan kapal 20.000 TEUs gak efisien ? Entahlah. Yang terpenting sesuaikan dengan kemampuan keuangan ato ambruk.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar