Senin, 07 Desember 2015

JT 071215 : Shanghai Waigaoqiao Jadi Galangan Pertama 20.000 TEUs di Tiongkok

Reputasi Negeri Panda dalam membangun apapun yang serba besar, gak diragukan lagi. Rel terpanjang di dunia, pelabuhan terbesar dalam hal volume hingga sekarang merambah industri galangan kapal (shipyard).

Shanghai Waigaoqiao Shipbuilding Co. (SWS) akan dicatat dalam sejarah negeri Tiongkok sebagai galangan pertama yang sanggup membangun kapal kontainer berkapasitas 20.000 TEUs – yang selama ini didominasi oleh Korea Selatan dan Jepang.

Kapal terkini, SWS bakal ngedapetin order dari pelayaran COSCO Container Lines, totalnya ada 3 (tiga) unit. Kapal ini menjadi kapal terbesar yang dibuat di Cina daratan dalam beberapa tahun belakangan.

Kapal ini bakal didisain khusus, artinya dilengkapi fitur route-specific container stowage (RSCS) dari biro klasifikasi DNV-GL, yang memberikan ruang fleksibilitas bagi kontainer isi di rute tertentu – demikian laporan Motorship dari Fareham, Inggeris.

Selain itu, kapal ini didisain untuk siap dengan bahan bakar gas (gas ready) alias LNG-fuelled propulsion. Aslinya, kapal ini hasil rancangan Marine Design & Research Institute of China (MARIC).

Karena konsistensi dan inovasi yang dipegang teguh oleh SWS, menjadikan galangan ini sebagai shipyard pertama RRCina yang berhasil menggaet order dan dipercaya COSCO untuk mewujudkan kapal gede buatan dalam negeri. Siiiip.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar