Sabtu, 12 Desember 2015

JT 121215 : Rail Clinic Mulai Dioperasikan

Harapan warga kurang mampu nampaknya akan tertolong dengan kehadiran kereta api klinik ato Rail Clinic, semacam posko kesehatan berbasis kereta api (KA) he he he. Bukan apa-apa, di negeri ini menjadi sehat suatu berkah dan klo bisa jangan sakit. Mahal bro biayanya.

Sabtu 12/12, PT Kereta Api Indonesia (Persero) ato PT KAI mulai mengoperasikan satu rangkaian kereta kesehatan di Stasiun Pasar Senen (PSE), Jakarta Pusat, untuk melayani warga yang kurang mampu.

RC ini terdiri dari 2 (dua) KRD, dan fasilitas ini dapat melayani warga yang gak kejangkau kendaraan bermotor. Kereta kesehatan ini dilengkapi sejumlah ruangan, seperti ruang klinik, ruang tindakan darurat dan ruang perawatan, ruang pemeriksaan gigi, ruang laboratorium sederhana, ruang pemeriksaan ibu hamil yang juga bisa dijadikan ruang untuk melahirkan, serta ruang kefarmasian.

Juga tersedia toilet ramah lingkungan serta pembangkit untuk menyuplai listrik ke rangkaian.Tiap kereta memiliki kabin masinis di ujung-ujungnya. Desain kabin masinis ini sama seperti kabin masinis KRD lainnya.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, keberadaan Rail Clinic ini diharapkan dapat membantu pelayanan kesehatan bagi para pegawai dan masyarakat di sepanjang jalur KA. Dalam situasi darurat ato jika terjadi bencana alam, Rail Clinic bisa dioperasikan bersama KA penolong untuk melakukan penanganan di lokasi kejadian.

Selanjutnya, Dirut PT KAI berharap dengan adanya Rail Clinic ini, semoga bisa ngebantu pemerintah buat kasih layanan kesehatan bagi masyarakat di daerah bencana ato daerah-daerah yang gak terjangkau oleh kendaraan bermotor. Ini adalah salah satu bentuk komitmen PT KAI sebagai organisasi perusahaan, yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Pada peluncuran kemarin, pendiri Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri), Jaya Suprana, menyerahkan piagam Muri kepada PT KAI atas keberhasilannya merancang kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Rujukan sebelumnya, baca JT 261115 : PT KAI Buat "Rail Clinic".

Siiiip, congrats ya.

Sumber : Kompas / Foto : Aktual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar