Kamis, 17 Desember 2015

JT 171215 : COSCO Akuisisi CSCL

Sepertinya dah gak bisa dibendung lagi. Hasrat pemerintah RRCina untuk membentuk sebuah perusahaan pelayaran gede(-gedean) musti maujud sebelum Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) beroperasi pas awal tahun 2016 mendatang.

Momentum yang dirasa klop dengan kondisi ekonomi saat itu, menjadikan COSCO Container Lines (Coscon) mengambil-alih posisi pelayaran China Shipping Container Lines (CSCL) – demikian bunyi pernyataan kedua belah pihak.

Baik COSCO maupun CSCL berharap, awal tahun 2016 integrasi bisnis sudah bisa dimulai dan akan selesai dalam kurun waktu 1 (satu) doank. Prioritas utamanya adalah memastikan kelangsungan entitas bisnis di industri maritim.

Setelah CMA CGM mencaplok APL beberapa waktu lalu, kini mega-merger dilakukan antara Coscon dengan CSCL, yang akan melahirkan pelayaran ke-4 terbesar didunia, setelah Maersk Line, MSC dan CMA CGM serta menggeser posisi Hapag-Lloyd (H-L).

H-L tahun lalu baru saja mencaplok CSAV sehingga jumlah pelayaran semakin mengerucut dan pelayaran yang gede, ya semakin gede aja. Coscon dan CSCL belajar dari para pendahulunya, bahwa merger ato akuisisi bukan isu gampang.

Kombinasi kedua pelayaran Tiongkok tersebut akan menjadikan kekuatan armada laut Negeri Panda semakin solid, dalam naungan satu bendera dan apapun namanya, pasti bakal wooow bingitz nih.

Jumlah kapal hasil merger keduanya, menghasilkan 288 unit kapal komersil, 84 unit diantaranya kapal kontainer berkapasitas 8.000 TEUs, dengan agregat 1,6 juta TEUs. Program restrukturisasi antar kedua pelayan besar ini akan membuat heboh idustri pelayaran.

Lagi-lagi karena terkait dengan aliansi strategis dimana keduanya berada di kelompok yang berlainan. COSCO merupakan anggota dari CKYHE sedangkan CSCL anggota dari Ocean 3 (O3). Sama-sama menunggu perkembangan.

Ulasan lebih lanjut tentang perubahan konstelasi industry maritime global, menyusul deh ya. Lagi rempong ngurusin gawean yang ada he he he. Cheers.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar