Selasa, 30 Desember 2014

JT 301214 : "Evergreen" Sewa 6 x 18.000 TEUs Bagi "CKYHE"

Cieeee, mantep nih ye. Pelayaran Taiwan ini, "Evergreen" bakal jadi "penyelamat" aliansi strategis di kompetisi industri maritim global. Kabarnya, CKYHE dan G6 merupakan pemain yang sebelumnya agak kurang sreg memainkan kapal sekelas ini namun bisa jadi, ada pertimbangan lain.

Belakangan dikabarkan bahwa pihak Evergreen menyewa 6 (enam) unit kapal berkapasitas 18.000 TEUs, yang akan dioperasikan di CKYHE, yang merupakan sekumpulan pelayaran negara Asia : COSCO (RRCina), "K" Line (Jepang), "Yang Ming" (Taiwan), Hanjin Shipping (Korea Selatan) dan Evergreen.

Terus terang, pihak Evergreen ingin memanfaatkan kemajuan teknologi dan disain kapal terbaru ini, sebagaimana sejumlah pelayaran sudah melakukannya lebih dulu. Salah satu yang ditekankan adalah isu proteksi lingkungan, dimana kapal terbaru ini bisa mengurangi konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang - demikian bunyi pernyataannya.

Bagi Evergreen dan juga anggota CKYHE, memiliki kapal 18.000 TEUs saat ini, lagi-lagi menjadi hal yang prestisius banget. Pasalnya, hanya ada segelintir pelayaran yang memesan kapal segede gambreng ini. Bila dioperasikan sendirian, boleh jadi deg-deg plas tapi kalo dioperasikan bersama, semoga bisa penuh.

Pelayaran global yang menjadi inovator kapal ini adalah "Maersk Line" dengan kategori kelas kapal "Triple-E" dan berikut menyusul MSC, CMA CGM, UASC dan CSCL. Malah belum lama ini CSCL merilis kapal terbesar "CSCL Globe" (19.100 TEUs) dan dilibas lagi oleh MSC, dengan rencana pengoperasian kapal "MSC Oscar" (19.227 TEUs) di bulan Januari 2015.

Aje gile deh, persaingan gak pernah beres. Selamat berkompetisi deh ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar