Minggu, 21 Desember 2014

JT 211214 : “MSC Oscar” Kalahkan “CSCL Globe”



Beginilah kompetisi di industri maritim kelas dunia. Belum lama ini, pelayaran RRCina “China Shipping Container Lines” (CSCL) meluncurkan kapal yang diklaim terbesar di dunia, “CSCL Globe” dengan kapasitas 19.100 TEUs.

Ehh gak perlu nunggu sebulan, kebanggaan tersebut harus pupus seiring dengan bakal dirilisnya kapal terbaru milik pelayaran terbesar ke-2 di dunia, “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) yaitu “MSC Oscar yang kabarnya memiliki kapasitas 19.224 TEUs.

Saat ini kapal MSC Oscar dalam masa penyelesaian di gaangan kapal “Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering” (DSME), Korea Selatan. Kabarnya awal tahun 2015, kapal MSC Oscar sudah bisa diserahterimakan.

Artinya, boleh-boleh saja “CSCL Globe” menyandang gelar kapal kontainer terbesar saat ini namun bulan depan, blon tentu. CSCL Globe saat ini tengah menyelesaikan maiden voyage-nya, dari Asia menuju kawasan Eropa.

Secara ukuran panjang, kapal MSC Oscar 395,4 meter, masih kalah panjang dengan CSCL Globe yang memiliki panjang 400 meter, demikian juga kapal Triple-E milik “Maersk Line”. Kapal MSC menang di lebarnya, yakni 59 meter, sedangan kapal CSCL maupun Maersk hanya memiliki lebar 58,6 meter.

Beda tipis ya tetapi untuk ukuran keseluruhan, pengaruhnya luar biasa, Kapal MSC Oscar akan resmi masuk armada MSC sekitar inggu ke-2 tahun 2015 dan bergabung dengan servis Albatros. Kapal ke-2 seri ini (sistership) akan menyusul dioperasikan bulan April 2015.

Kayaknya, blon habis masyarakat internasional menyaksikan kompetisi membangun kapal-kapal besar oleh para raksasa pelayaran global. Kondisi ekonomi yang melambat tidak menghalangi hegemonisme sebuah pelayaran besar untuk menguasai lautan, tanpa kecuali.

Selamat bertempur. Aje gileee deh.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar