Kamis, 18 Desember 2014

181214 : TB SAO Tengah Dibangun Kembali



Salah satu terminal barang yang berada dibawah naungan PT Kereta Api Indonesia (Persero), yakni Sungai Lagoa (SAO) kini tengah memasuki masa pembangunan, setelah sebelumnya sempat terhenti. Penyebabnya faktor teknis.

Kini Fase 1 (7.000 m2) dari sekian fase yang ditargetkan , akan selesai dalam masa kurang lebih 2 (dua) bulan. Sisanya akan diselesaikan hingga total luasan lahan 28.000 m2 dicor abiiiz untuk perbaikan layanan kepada Pelanggan angkutan barang.

Adapun penyewa lahan di SAO Jakarta: JO BUMI KALOG - yang ditandemkan / dipasangkan dengan terminal barang Kalimas (KLM), Surabaya. Akhir November 2014 lalu, pembangunan slab-track baru saja dituntaskan kontraktor, langsung dioperasionalkan. Gak pake lama.

Operator yang menjalankan kereta api angkutan kontainer ada 2 (dua) yaitu PT Kereta Api Logistik (KALOG) dan PT Bumi Wijaya Indorail (BWI). KALOG mengoperasikan 3 KA dari SAO ke stasiun KLM dan BWI mengoperasikan 1 rangkaian KA.

Sebelumnya, terminal barang yang juga menjadi stasiun Sungai Lagoa ini pernah dibangun beberapa tahun lalu namun karena pengaruh air rob dan dampak peninggian Jl. R.E Martadinata sebelumnya, menyebabkan posisi stasiun jadi terendam.

Setelah di-cor nanti, posisi terminal barang akan sedikit lebih tinggi dibanding posisi jalan raya R.E Martadinata arah Ancol tersebut. Lokasi strategis yang menhadap langsung pelabuhan Tanjung Priok (TPK), menjadi daya jual tersendiri. Kini fasilitas infrastruktur disiapkan agar lebih maknyuuus. 

Kita lihat, perbaikan infrastruktur yang tengah dikerjakan berbagai pihak untuk bisa mendukung industri logistik. Semoga bisa memberi kontribusi nyata kepada para produsen di Tanah Air, selain selesainya double-track dan juga fasilitas pendukung di stasiun tujuan.

Yaps setuju. Sukses ya.

Sumber : KALOG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar