Senin, 01 Desember 2014

JT 011214 : “APM Terminals” Operasikan “Maasvlakte 2”



Operator terminal kontainer “APM Terminals” membuka terminal Maasvlakte 2 Rotterdam untuk keperluan komersil setelah menanti sekian lama. APM Terminals merupakan afiliasi dari A.P Maersk-Moller Group (APMM) yang berkecimpung diurusan kepelabuhanan.

Pelabuhan ini didisain serba-otomatis dan itulah yang dikhawatirkan oleh serikat pekerja setempat. Setidaknya bila terminal ini dioperasikan, tahun depan bakal ada 1.000 tenaga kerja yang menganggur karenanya.

Untuk tahap awal, yang boleh dibilang gerbang serba-otomatis alias automated truck gates, bisa melayani truk trailer, layanan berbasis tongkang dan kereta api. Untuk kapal-kapal gede baru akan diuji-coba dalam beberapa minggu ke depan.

Kelebihan terminal milik APM Terminals ini yakni mengoperasikan terminal tongkang yang dioperasikan 24 jam penuh sedangkan fasilitas layanan kereta api (KA) akan dibuka 3x seminggu, dengan tujuan Eropa Tengah.

Kabarnya, bila semuanya berjalan lancar, penambahan kapasitas sudah pasti akan menjadi bagian ekspansi Maasvlakte 2 ini. Selain Maasvlakte 2, APM Terminal juga menggunakan terminal di Maasvlakte 1 dan akan mulai dioperasikan Februari 2015.

Maasvlakte 1, sahamnya dimiliki oleh Rotterdam World Gatreway (RWG), yang merupakan konsorsium : DP World, MOL, HMM, APL dan CMA CGM. Rencana dibuka setelah tahun baru 2015. Terminal Maasvlakte 1 memiliki panjang dermaga 1.150 meter sedangkan dermaga milik APM Terminals memiliki panjang 1.000 meter.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar