Selasa, 16 Desember 2014

JT 161214 : “H-L” Tertarik Kapal Gede Tapi Gak Harus

Pelayaran asal Jerman, “Hapag-Lloyd” (H-L) kini mendeklarasikan diri sebagai pelayaran ke-4 terbesar di dunia, setelah (belum lama ini) membeli pelayaran Cile, “Compania Sud Americana de Vapores” (CSAV).

H-L secara khusus, tertarik kepada kapal-kapal ultra-large container ship (ULCS) yang kini dikategorikan di kapasitas antara 14.000 – 20.000 TEUs. Bukannya H-L gak mau bikin, saat ini masih blon perlu bingitz.

Dalam analisis H-L, selama 6 (enam) bulan saja, harga bahan bakar minyak (BBM) turun hampir 33 persen. Lantas, apa untungnya punya kapal gede-gede tapi gak ngehasilin ? Ditambah lagi, Amrik sebelah barat sedang kongesti, dilanda pemogokan dan tariff masih morat-marit.

Kondisi ini malah dipergunakan oleh H-L untuk keperluan konsolidasi – demikian ujar CEO H-L Rolf Habben Jansen, dalam sebuah wawancara dengan media “Journal of Commerce” (JoC). Selain H-L, rupanya mitra kerja di aliansi strategis juga berpandangan serupa.

Mitra kerja H-L di “G6”, yakni : APL, HMM, MOL, NYK dan OOCL. Semuanya saat ini berpikir moderat. Sementara 3 (tiga) aliansi strategis besar lainnya : 2M (Maersk-MSC), O3 (CMA CGM, UASC, CSCL) dan CKYHE (COSCO, “K” Line, Yang Ming, Hanjin Shipping, Evergreen).

Diantara 4 (empat) aliansi besar tersebut, hanya G6 yang tidak mempunya kapal container antara 14.000 – 20.000 TEUs. H-L dan anggota G6 lainnya akan memutuskan untuk ikutan membangun kapal besar hingga diatas 20.000 TEUs, sekitar April / Mei 2015 mendatang.

H-L memiliki target harus bisa berhemat USD 300 juta, padahal di semester 1 lalu saja, H-L sudah cukup merana dengan loss EUR 100 juta.  Dari sekian banyak pelayaran, H-L memiliki servis terlengkap bias menerima door-to-door.

Tugas kedepannya, H-L akan berupaya mengeliminasi servis-servis yang bersinggungan satu sama lain serta mengoptimalkan network yang dimiliki agar H-L kembali meraih kejayaan di lautan luas. Juga anggota G6 lainnya harus sepaham, terutama dalam hal membangun kapal.

Congrtas !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar