Kamis, 27 November 2014

JT 271114 : Jalur Sutera 6.200 Mil Di Uji-Coba

Sungguh, kalo boleh dibilang terobosan spektakuler, ya inilah salah satunya. Bentangan jaringan rel kereta api (KA) sepanjang 6.200 mil, mulai dari RRCina hingga Spanyol secara resmi dibuka. Kalangan pengamat menyebutnya dengan nama "new silk road" ato jalur sutera baru.

Jalur KA terpanjang di dunia ini melintas dari Asia Timur, Asia Tengah hingga ke benua Eropa. Dimodali 82 gerbong datar (istilah di Tanah Air ato mereka menyebutnya "freight wagon", perjalanan ini dimulai dari kota Yew (sekitar 100 km dari Ningbo), Tiongkok dan bakal berakhir di Madrid, Spanyol.
Media cetak "The Washington Post" melaporkan bahwa perjalanan ini akan menempuh waktu 21 hari dan menjelajah 9.977 km (6.200 mil) ato 724 km lebih panjang dari jaringan rel KA “Trans-Siberian Railway” yang dimiliki Rusia saat ini. He he he akhirnya kalah juga.

Media Rusia lainnya, mencatat bahwa perjalanan KA ini akan melintasi Xinjiang (Tiongkok barat), kemudian melintasi Kazakhstan, Rusia, Belarus, Polandia, Jerman dan Perancis serta berakhir di Spanyol - yang juga diliput media Toronto's'Digital Journal.



Menurut kantor berita Xinhua, realisasi atas pemanfaatan jalur KA ini sebagai upaya meminimalisir peran angkutan darat (truk) dan udara, selain laut yang mendominasi perdagangan dunia saat ini. Pada awalnya memang mahal namun dalam perkembangan selanjutnya, para pengamat optimis biaya tsb bisa diminimalisir dengan mengkatnya volume barang.

Good jobs !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar