Kamis, 13 November 2014

JT 131114 : "Samin" Rayakan Hari Jadi Ke-50

Bertempat di kantor pusat, gaung ulang tahun pelayaran nasional yang dirintis oleh Soedarpo Sastrosatomo (alm) memasuki usia paruh abad ato genap 50 tahun. Usia yang semakin matang bila diasumsikan seorang pria paruh baya yang memiliki usaha serta mempunyai posisi keuangannya mapan.

Di kantor-kantor cabang pun ada perayaan serupa, semacam syukuran tapi gak pake sungkeman he he he. Intinya, semua insan diajak menikmati hari jadi PT Samudera Indonesia Tbk ato disingkat Samin / PTSI, dengan acara syukuran sederhana. Bisnis pelayaran dimana pun sedang mengalami pasang surut sehingga harus memfokuskan diri di sektor yang betul-betul dikuasainya.

Pak Darpo dulunya (demikian sapaan akrabnya), boleh coba-coba karena beliau lah yang merintis di saat-saat awal. Apalagi saat bisnis keagenan dimulai, boleh dibilang dimasa lalu, gak ada pelayaran lain yang memiliki agen sebanyak Samin. Perusahaan besutan pak Darpo sempat berjaya dan malang melintang di tahun 1970-an hingga menjelang tahun 2000.

Seiring perkembangan diluar sana, manajemen PTSI pun harus dinamis dan bisa mengatasi berbagai problematika-nya sehingga bisa tetap eksis hingga sekarang. Misalnya fokus di bisnis antar pulau dengan bendera PNPP Panurjwan ato membangun sekaligus mengoperasikan terminal petikemas di DSN Jakarta maupun Palaran, Samarinda, Kalimatan Timur.

Prestise Samin diluar negeri sana sebagai pemain feeder pun tetap dipertimbangkan oleh para kompetitornya. Siapa yang gak kenal "Samudera Shipping Lines" (SSL). Belum lagi ada MTCon, MKT, Samudera Combine Logistics (SCL) dll.

Intinya, sebagai salah satu alumnus dan juga salah satu pelayaran yang masih ada, cuma sanggup bersuka cita melalui tulisan. Turut menghaturkan "Selamat Ulang Tahun yang ke-50" untuk PT Samudera Indonesia Tbk. Semakin jaya dan eksis di industri transportasi Tanah Air.



Sumber : Dari Sana-sini / Kredit Foto : Zen, Echie, Yanthy P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar