Minggu, 16 November 2014

JT 161114 : Jelang Merger, “CSAV” Perkecil Kerugian


Menjelang merger dengan pelayaran Jerman, “Hapag-Lloyd” (H-L), pelayaran asal Cile ini terus membuktikan kinerjanya bahwa pilihan H-L untuk menarik “Compania Sud Americana de Vapores” (CSAV) tidaklah salah.

Hasil di kuartal 3 – 2014 kabarnya membaik dibanding kondisi tahun lalu. Berhubung catatan keuangannya tidak bisa didapat sehingga hasilnya kita percayakan sepenuhnya kepada mereka yang berkepentingan saja.

CEO CSAV Oscar Hasbun berkeyakinan bahwa pelayaran yang dipimpinnya bisa menekan biaya operasional dan dalam beberapa minggu ke depan H-L dan CSAV akan mewujudkan diri menjadi pelayaran terbesar ke-4 didunia, di belakang Maersk Line, MSC dan CMA CGM.

Untuk diketahui bersama, CSAV memiliki konsentrasi perdagangan di rute Asia – Amerika Selatan (sekitar 75 %) namun dalam 9 (Sembilan) bulan pertama dikabarkan turun 2,3 % - demikian catatan Container Trade Statistics (CTS).

CSAV belum lama ini mebenamkan duitnya untuk membangun 7 (tujuh) unit kapal berkapasitas 9.3000 TEUs dan dasar pertimbangannya, untuk meminimalisir biaya sewa kapal yang tinggi dan bisa berhemat di bahan bakar.

Menurut Bloomberg, H-L untuk tahun ini memprediksitahun pembukuannya bakal minus karena peperangan harga tak bisa dihindari dan tidak memberikan keuntungan apa-apa bagi pelayaran namun disisi lain, banjirnya kapal besar dan baru, bila tidak dikurangi bisa membuat prediksi pelayaran mana pun tahun 2015 dan seterusnya, dirundung rasa pesimis.

Hal yang mampu membuat pelayaran global saat ini adalah berkolaborasi dan membangun network / jaringan sebanyak mungkin agar servis yang diminta Customer bisa dilayani dengan baik. Sekarang jamannya ekspansi, gak pake acara nolak muatan lagi. Forwarding bisa, masak pelayaran kalah ?

CEO H-L Rolf Habben Jansen menyebutkan situasi “overcapacity” seperti digambarkan diatas, namun dia berharap kondisi tahun 2015 akan jauh lebih baik dan menantang. Waduuuh, menantang kompetitor ato menantang naik harga nih he he he.

Bagi H-L, 9 (Sembilan) bulan pertama bisa mengangkut 4,3 juta TEUs cukup bagus karena itu artinya meningkat 6,3 % dibanding periode tahun 2013. Hanya saja, tahun depan, kombinasi H-L dan CSAV seperti apa, itu yang menarik untuk disimak.

Congrats dulu ‘lah.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar