Rabu, 19 November 2014

JT 191114 : ILWU vs PMA Masih Lanjut Di Amrik Pantai Barat

Amrik menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini dirundung ketidakpastian, khususnya menyangkut perseteruan antara serikat pekerja dan juragan pelabuhan. Polemik ini terjadi di area Amrik pantai barat seperti Los Angeles (LA), Long Beach (LB), Tacoma, Seattle dan Oakland.

Produktifitas melorot tajam dan menjelang sesi tahunan ini, pihak pelabuhan mengeluhkan lemotnya negosiasi dengan para pekerja sehingga telah menjatuhkan pamor pelabuhan tersibuk di negeri Paman Sam.

Kongesti sudah didepan mata.  Sebagian pengamat menyebutnya sikon LA-LB sudah dibatas toleransi bingitz (crisis levels) yang diakibatkan oleh kurangnya armada truk dan chassis, diperparah lagi oleh lambatnya proses negosiasi antara ILWU dan PMA.

Black Friday hanya tinggal 2 (dua) minggu kedepan dan maunya juru bicara Pacific Maritime Association (PMA) Wade Gates, sebaiknya perpanjangan kontrak kerja sementara antara ILWU dan PMA dituntaskan dulu. Ini kondisi khusus.

Sejak 31/10, anggota ILWU (International Longshore and Workers Union) memperlambat pekerjaan sehingga membuat sengsara pelabuhan-pelabuhan Tacoma dan Seattle. Untuk kebaikan bersama , tidak hanya pemerintah Amrik yang dipermalukan. Pelanggan di Amrik dibuat kelimpungan karenanya.

Info yang beredar dalam minggu-minggu ini, sejumlah produsen pohon Natal hias, buah-buahan apel Washington State, kentang yang tengah panen, bakal mengalam dilemma. Solusinya, sudah dipastikan akan menggunakan jasa angkutan udara (air-cargo shipment).

Bila dalam minggu-minggu ini kedua belah pihak masih ngotot dan gak mau mengalah, bisa dipastikan menjelang akhir tahun 2014 catatan buruk industri maritim Amrik bakal menghiasi halaman media cetak maupun media sosial internasional.

Ikut prihatin deh. Amrik yang demikian perkasa koq gak berdaya menangani isu buruh dan juragan.


Sumber : Dari Sana-sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar