Kamis, 06 November 2014

JT 061114 : “CMA CGM” Modif Kapal Anyar


Awalnya, semua pelayaran berharap bahwa kecepatan menjadi salah satu keuntungan yang bisa dijual. Pada perkembangannya, hal sebaliknya yang terjadi. Kecepatan diperlambat agar bisa menghemat bahan bakar (fuel).

Pelayaran Perancis, “CMA CGM” kabarnya tengah memodifikasi 10 kapal  barunya, untuk dipasangi haluan yang bulat (bulbous bows) agar bisa memenuhi kebutuhan saat kapal harus berjalan / berlayar lambat (slow steaming).

Kapal-kapal baru mayoritas pelayaran global disetel di angka 24 knots tetapi saat ini kebutuhan nyata untuk bisa memenuhi slow steaming hanya 16-18 knots saja. Artinya, bagi pelayaran terbesar ke-3, harus melakukan penyesuaian seperlunya.

Proses modif kapal anyar dengan haluan model bulat, membutuhkan waktu seminggu namun kedepannya kapal bisa menghemat fuel serta mengurangi dampak emisi CO2. Sejak tahun 2013, pihak CMA CGM sudah melakukan rekayasa berulang kali.

Bulbous bows adalah bagian haluan yang berada dibawah permukaan air. Pengaruhnya, kapal bisa bertahan saat terkena gelombang. Nah, kapal-kapal apa saja yang dimodif. Kita serahkan kepada yang punya kapal ya he he he.


Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar