Minggu, 23 November 2014

JT 231114 : “HHI” Baptis "CSCL Globe", Kapal Terbesar Di Dunia


Persaingan antar pelayaran global kembali memanas. Belum lama ini, galangan kapal terbesar di dunia, “Hyundai Heavy Industries” (HHI), Korea Selatan usai memberkati kapal kontainer terbarunya, yang dipesan oleh “China Shipping Container Lines” (CSCL).

Boleh jadi, dari sisi kapasitasnya, kapal ini sekarang menyandang gelar sebagai kapal container terbesar di dunia, mengalahkan seri “Triple-E” milik Maersk Line yang baru setahun berkibar di industri maritim terkini.

Kapasitas terbaru kapal CSCL ini 19.000 TEUs, dipesan bulan Mei 2013 lalu. Kapal ini merupakan yang pertama dari total order 5 (lima) unit. Kabarnya, seri kapal ini bakal ditandem dengan milik “United Arab Shipping Co.” (UASC) di rute Asia-Eropa (AE) nantinya.

Oh iya, sebagai pembanding, kapal seri Triple-E Maersk Line memiliki kapasitas 18.270 TEUs dan kini jadi runner-up lagi deh. Persaingan selalu akan muncul dan setiap perusahaan pelayaran sah-sah aja mo bikin sensasi seperti apa. Yang penting harus untung.

Kapal terbaru besutan pelayaran RRCina ini dinamai “CSCL Globe”. Spesifikasi kapal anyar ini setara dengan luas 4 (buah) lapangan sepakbola standard Piala Dunia, panjangnya 400 meter, lebar 58,6 meter dan kedalaman (draft) 30,5 meter. Yang pertanyaannya pasti di masalah draft.

Kapal ini – menurut versi pembuatnya nih HHI – dilengkapi mesin otomatis yang bisa menghemat bahan bakar hingga 20 persen dalam satuan TEUs. HHI mendisain mesin tersebut untuk kapal kontainer berkapasitas diatas 10.000 TEUs, yang kini jumlahnya mencapai 82 unit.

Galangan kapal pun dituntut bisa melahirkan inovasi agar operasional kapal lebih praktis dan tepat sasaran. Harap maklum, banyak pasar yang kini diperebutkan dan banyak kendala di pelabuhan Eropa atas belum siapnya infrastruktur menampung kapal besar.

Selamat buat CSCL yang sudah meyakinkan membangun kapal 19.000 TEUs. UASC bakal nyusul nih he he he. Congrats.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar