Selasa, 29 Januari 2013

JT 290113 : Kapal “Shans 101” Tenggelam

Sebuah kapal penangkap ikan berbendera Rusia, “Shans 101”, dikabarkan tenggelam di Laut Jepang dekat Svetlaya, Rusia hari Minggu 27/01. Saat itu kapal kesulitan menghubungi Owner namun pihak otoritas terkait langsung menerjunkan tim “Search And Rescue” (SAR).

Sejumlah pesawat dan perahu penangkap ikan lainnya menolong Shans 101, diantaranya kapal "Talan" dan "Anatoly Torchinov" yang menemukan perahu karet berpenumpang 15 orang selamat dan 6 orang tewas.

Sembilan kru dikabarkan masih hilang dan terus pencariannya oleh tim SAR. Kapal Shans 101 memiliki sarana suar darurat (emergency beacon) namun gak berfungsi. Ada 4 orang WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal namun diberitakan selamat.

Berdasarkan siaran pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima kantor berita “ANTARA” di Jakarta, Selasa 29/01, saat ini keempat WNI dirawat di rumah sakit (RS) di Kholmks, Shakalin. Staf KBRI Moskow juga telah dikirim agar melihat langsung keempat WNI di RS dimaksud.

Semoga yang hilang bisa ditemukan dan yang selamat, bisa segera pulang kampung aja dulu. Proses perbaikan beban psikis yang biasanya dialami para ABK cukup pelik. Ikut prihatin ya.

Sumber : SWL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar