Kamis, 03 Januari 2013

JT 030113 : CIMC Cari Dana USD 600 Juta


Produsen kontainer terbesar di dunia, China International Marine Containers (CIMC), memerlukan dana tambahan USD 600 juta selama 3 (tiga) tahun kedepan – guna meringankan beban utang yang dipikul.

Dalam sebuah pernyataan yang diteruskan via website Hong Kong Stock Exchange, afiliasi CIMC yang berkantor di Hong Kong sudah menandatangani perjanjian dengan Bank of China dan Bank of America Merryl Lynch guna memfasilitasi transaksi tersebut.

Secara terpisah, rival utama asal Singapura yakni Singamas Container Holdings ato produsen kontainer ke-2 terbesar setelah CIMC, kabarnya mengalami nasib lebih buruk akibat imbas krisis Eropa dan Amrik.

Para analis ngga menyebutkan secara spesifik jumlah kerugian yang diderita CIMC maupun Singamas namun yang pasti, orderan kontainer dari pelayaran anjlok sebagai dampak terlantarnya sejumlah kapal besar (idle ships) dan akhirnya diparkir di sejumlah tempat.

Pembeli terbesar produk kontainer mereka adalah operator pelayaran langsung sehingga bila mereka sakit alias raport-nya jeblok, maka rantai pemesanan kontainer baru pun ikut tertahan. Belum lagi perusahaan persewaan kontainer (leasing company) yang ikut-ikutan prihatin.

Tetap prihatin dan semoga perbaikan kondisi perekonomi dunia bisa bergulir normal kembali.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar