Sabtu, 12 Januari 2013

JT 120113 : Kapal “Samudera XII” Tenggelam

Sejumlah kapal niaga menjadi korban keganasan alam ato cuaca buruk dalam beberapa bulan ke belakang. Sebut saja kapal “JM Dragon I” yang tenggelam didekat perairan Bengkulu pertengahan Desember 2012 lalu. Untungnya, awak kapal 23 orang berhasil menyelamatkan diri namun 187 kontainer jadi korban. Kapal dalam perjalanan ke Padang.

Kejadian tidak terkait langsung cuaca buruk namun murni kecelakaan. Mid Desember 2012 juga, terjadi tabrakan 2 (dua) kapal kargo yang menyebabkan kapal motor (KM) “Alpine” tenggelam di perairan Selat Madura. Entah milik siapa karena tidak diinformasikan detilnya.

Sabtu 05/01/13 akibat cuaca buruk, kapal tanker “MT Trichem Bonita” terdampar didepan Merak Beach Hotelm Banten (lihat foto diatas)  sehingga menjadi tontotan warga maupun masyarakat sekitar dan pengunjung hotel. Kini giliran kapal “Samudera XII” yang hilang di Laut Jawa.

Kabarnya, tim SAR sebelmunya sempat menemukan 2 (dua) sekoci awak kapal yang terapung di Laut Jawa namun begitu cuaca berubah dalam waktu cepat, helikoter Bell Skuadron 11 SERBU ditarik ke pangkalan dan posisi 2 sekoci tadi tidak diketahui lagi.

Badan SAR Nasional (Basarnas) menyebutkan, sebelum jam 12.00 siang tadi, 2 sekoci berhasil ditemukan namun menjelang sore saat bantuan logistik kedua dikirim, posisi sekoci sudah bergeser jauh dan belum terlacak lagi.

Sekoci ditemukan sekiar 12 mil dari Jepara, Jawa Tengah dan direncanakan upaya pencarian akan dilanjutkan Minggu 13/01 pagi. Semoga berhasil ! Perkembangannya akan coba dimonitor.

Waspada terhadap sikon cuaca buruk dimana pun, terlebih yang akan bepergian jauh dengan menggunakan pesawat udara ato kapal laut. Tetap berdoa dan semoga perjalanan Anda – bila pun harus – dapat berjalan lancer. Aamiin YRA.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar