Selasa, 29 Maret 2011

JT 290311 : H-S Order Kapal, MOL Presence Ditolak

Pelayaran Jerman, Hamburg-Sud (H-S), telah menempatkan order kapal anyar ke galangan Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries (HHI). Kapalnya berkapasitas 9.600 TEUs sebanyak 6 unit, dengan opsi tambahan 4 unit.

Harga kapal totalnya mencapai USD 711 juta dan kapal ini siap dikirim mulai Mei 2013 - demikian keterangan yang diperoleh dari website milik Hyundai. Akan diopeasikan dimana, belum tahu 'lah. Menyusul aja.

Kabar kurang baik menimpa kapal MOL Presence (milik Jepang, kapasitas 6.350 TEUs) yang kabarnya sempat melintas di sekitar prefektur Fukushima, setelah gempa hebat yang menimpa Jepang tempo hari. Pihak pabean RRCina kabarnya mendeteksi adanya tingkat radiasi di kapal tersebut.

Laporan Bloomberg menyebutkan, otoritas pelabuhan Xiamen menolak memberikan ijin berlabuh dan menunggu konfirmasi dari pihak yang lebih berwenang. Selain memperhatikan kapal-kapal yang sempat dan pernah masuk wilayah kritis, pemerintah RRCina juga melarang produk Jepang masuk.

Beberapa produk Negeri Matahari Terbit yang dilarang masuk daratan Cina seperti : buah-buahan, sayur mayur, seafood dan profuk hasil laut lainnya. Sejumlah produk Jepang dikabarkan terkena radiasi berat, jadi semua negara bersiap menolak produk dimana Kaisar Akihito tinggal.

Ngga semua produk Jepang sebenarnya terkontaminasi tapi yang cukup parah ditemukan di 5 (lima) wilayah dekat prefektur Fukushima. Pemerintah Indonesia pun tengah mengawasi secara ketat produk Jepang agar tidak membawa bencana bagi warga tak berdosa.
 
Ikut prihatin aja.

Sumber : Dari Sana-sini (maaf, JT 280311 ngga terbit, susah sinyal di hutan belantara hik 3x).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar