Jumat, 11 Maret 2011

JT 110311 : Jepang Dihantam Gempa Dan Tsunami

Gempa besar melanda Jepang, kekuatannya berkisar antara 8,8 hingga 8,9 skala Richters terjadinya sekitar jam 14.46 waktu setempat. Pusat gempa 380 Km di sebelah timur Tokyo dan memaksa pemerintah menutup 4 (empat) reaktor nuklir pembangkit tenaga listrik.

Gempa besar ini memicu gelombang tsunami dan sekitar 200 hingga 300 penduduk menjadi korban. Dampaknya tidak terasa hanya di Jepang, tetapi menyebar hingga Rusia, Hawaii, Amrik dan Indonesia termasuk didalamnya. Tanda peringatan sudah didengungkan, beberapa saat setelah gempa terbesar di Jepang mengoyak kawasan pesisir tenggara.

Gelombang tsunami berketinggian 10 meter ini namun saat mencapai daratan bisa diminimalisir hanya 4 meter saja namun dampak kerusakan yang ditimbulkan ngga kalah hebat. Sejumlah bangunan rumah penduduk dan gedung perkantoran rusak total

Kawasan terparah, kabarnya melanda kawasan Sendai dan sampai seberapa jauh gempa dan tsunami besar ini bisa mempengaruhi aktifitas transportasi Jepang ? Kita akan cermati dalam beberapa hari mendatang.

Secara khusus, 2.000 penduduk di prefektur Fukushima, Jepang dihimbau untuk segera mengungsi karena pembangkit listrik tenaga nuklir dikhawatirkan mengalami kebocoran. Reaktor ini dioperasikan oleh Tokyo Electric Power Ltd.

Ikut prihatin Bro’. Jepang tengah berduka.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar