Rabu, 16 Maret 2011

JT 160311 : Nigeria Dirikan Pelayaran Nasional

Kabarnya, otoritas berwenang di Nigeria yang menangani urusan kemaritiman, Nigerian Maritime Administration and Safety Agency (NIMASA) telah memberikan persetujuan untuk mendirikan sebuah pelayaran nasional berbendera Nigeria.

Hal tersebut diungkap oleh salah seorang pejabat resmi Kementerian Perhubungan yakni Menteri Perhubungan Yusuf Suleiman, dalam sebuah konperensi pers di Abuja, Jumat lalu (bersamaan dengan gempa di Jepang, red).

Hal ini disampaikan oleh pak menteri bahwa partisipasi Nigeria dalam industri maritim nyaris tak terdengar sementara di negara lain, azas cabotage didengung-dengungkan dan kini tiba saatnya bagi Nigeria sebagai salah satu negara kaya di Afrika, memulai langkah tersebut.

Untuk tahap awal, pemerintah mengalokasikan dana 13 milyar Naira (mata uang setempat) ato setara dengan Sin Dollar 106,5 juta agar prinsip Azas Cabotage bisa segera di-implementasikan. Rasanya udah ngga sabar.

Menteri Perhubungan Nigeria telah menegaskan, Cabotage Act diperlukan untuk memberdayakan kemampuan kapasitas nasional serta menumbuhkan industri maritim yang memiliki reputasi bagus. Maklum, selama ini Afrika lebih banyak ngga pe-de-nya disamping ada tekanan pihak lain.

Hingga Desember 2010 lalu, pihak Kementerian berhasil mendata, ada 1.371 kapal yang didaftar di Nigerian Ship Register Office, registered tonnage 1,9 juta ton. Pfffuih, not bad ‘lah.Bahkan untuk mendukung hal ini pemerintah sudah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung.

Diantaranya program pelatihan dan pendidikan kader-kader industri pelayaran secara mandiri maupun kerja-bareng dengan mitra kerja. Bagaimana kiprah Nigeria kedepannya ? Kita simak perkembangannya dan Congrats dulu deh.

Telah hadir kompetitor baru hik 3 ... Namnay belum diumumkan tapi begitu diumumkan segera kita distribusikan koq. Jangan pelit dengan informasi. Ngga ada cerita paket hemat info he 3x,

Sumber : Business Times.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar