Jumat, 04 Maret 2011

JT 040311 : Giliran Hamburg Jamu CSCL Star

Setelah pelabuhan Felixstowe di Inggeris yang menjamu CSCL Star (baca : JT 240211), kini giliran Hamburg (Jerman) yang mendapat kunjungan kapal terbesar yang dioperasikan pelayaran RRCina, China Shipping Container Lines (CSCL).

Kapal CSCL Star yang berkapasitas 14.074 TEUs diyakini sebagai kapal terbesar yang pernah sandar di Hamburg, dalam rangka pelayaran perdana (maiden voyage) di servis Asia Europe Express 1 ato China Europe-Med Express (AEX-1/CEM).

Pelabuhan Hamburg mendapat kehormatan bisa mengakomodasi kapal besar yang dioperasikan bersama antara CSCL dan Evergreen Line. Makanya nama servis AEX-1 lebih condong ke rasa CSCL, sedangkan penamaan CEM digunakan oleh Evergreen.

Lalu lintas kontainer antara Asia – Hamburg mencapai 4,7 juta TEUs tahun 2010 lalu, dimana 2,7 juta TEUs berasal dari RRCina atau meningkat 20% dibanding volume tahun sebelumnya. Bagi pelabuhan Eropa manapun, daya tarik kargo ex Cina memang menggiurkan.

Kunjungan ULCCS (ultra large container ships) diatas 10.000 TEUs meningkat tajam selama tahun 2010 dan tercatat 125 calls. Tahun ini diprediksikan bakal berlipat, apalagi peluncuran kapal-kapal gede tahun ini cukup banyak, otomatis akan mempengaruhi hasil akhir tahun.

Congrats deh, CSCL Star lagi dipromosi dan selalu mendapat perhatian para pengamat karena sepak terjangnya bisa mempengaruhi sikon di pasar secara luas. Ingat, ini kapal gede dan bukan kapal sembarangan. Dampaknya akan sangat luar biasa.

Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar