Rabu, 30 Maret 2016

JT 300316 : Akhirnya, TS Taipei Terbelah Dua

Ini perlu konfirmasi lebih lanjut karena secara sepintas ngebaca judulnya aja, orang bisa langsung menyimpulkan waduuuuh kapal kontainer tenggelam lagi nih. Isu ini mengingatkan kasus MOL Comfort yang terbelah ditengah laut dan akhirnya tenggelam.

Kali ini kejadian kapal terbelah menimpa kapal TS Taipei yang berkapasitas 1.578 TEUs. Kabar terakhir menyebutkan kapal ini akhirnya terbelah dua – demikian sebagaimana dilaporkan oleh media yang berbasis di Amrik, gCaptain.

Untungnya seluruh 21 kru kapal udah diamanin lebih dulu. Sekitar 100 pekerja ato relawan ikut membantu proses evakuasi kapal dan pembersihan agar polusi gak menyebar karena pastinya bahan bakar minyak masih ada diatas kapal.

Kapal ini terdampar akibat kondisi cuaca buruk di dekat Kota Taipei baru tgl 10/03 lalu. Justru pada saat proses penyelamatan terjadi insiden, helikopter yang mengangkut tim penyelamat justru mengalami nasib nahas, menewaskan pilot dan 1 orang lainya.

Tadinya, helikopter ini bakal nurunin anggota Taiwan Environmental Protection Agency diatas kapal TS Taipei namun malang gak bisa dihindari dan terjadilah kecelakaan diatas. Tiga anggota TEPA kabarnya dikabarkan selamat. Syukur deh.

Saat kejadian, kapal membawa 447 ton minyak dan 617 kontainer. Laporan awal TEPA menyebutkan, diatas kapal masih tersisa 200 ton bahan bakar minyak sehingga inilah yang akan dieliminir supaya gak jadi masalah lingkungan serius.

Kabar2 yang beredar sih nyebutin muatan diatas kapal ada barang berbahaya sehingga perlu pengawasan utama dan perlu mendapat prioritas. Blon lagi musti ngurusin container yang jatuh ke laut saat kapal kandas beberapa waktu sebelumnya.

Akibat adanya tumpahan minyak, sejumlah area pemancingan ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut. Walau kondisi cuaca masih kurang bersahabat namun operasi penyelamatan akan tetap dijalankan.


TS Lines mengoperasikan sejumlah kapal sewa dan kapal milik. Justru TS Taipei ini merupakan salah satu kapal milik yan jadi korban keganasan cuaca buruk. Ikut prihatin.

Sumber : SWL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar