Kamis, 03 Maret 2016

JT 030316 : Mega Aliansi Apa Lagi Nih ?


Sepertinya, bagi industri pelayaran, khususnya yang berskala global, kalo dah mo gede ya gede sekalian aja, jangan nanggung2. Gitu. Makanya di benak mereka ini sekarang terbersit membuat mega aliansi, yang embrionya muncul sejak 10 tahun lalu.

Kelahiran aliansi strategis berskala besar, seperti The Grand Alliance (G.A), The New World Alliance (TNWA), CKYH – waktu itu blon ada Evergreen-nya, kini menjelma menjadi mega-aliansi seperti 2M, Ocean 3 (O2), CKYHE dan G6.

Nah kekuatan 2M kabarnya sulit ditandingi. Namun dengan adanya gebrakan di akhir tahun 2015 yakni merger antara 2 (dua) pelayaran Tiongkok, COSCO + CSCL serta CMA CGM membeli APL maka konstelasi mega aliansi akan mengalami pergeseran.

Dunia tengah menantikan apa yang akan terjadi di industri pelayaran global. Kabarnya dengan meleburnya COSCO + CSCL + CMA CGM + APL ibarat empat pelayaran bergabung bersama dan cukup powerful.

Ditambah lagi – menurut analisis media riset Alphaliner – mereka bakal mengajak serta pelayaran Hong Kong yaitu OOCL dan pelayaran asal Taiwan yang juga belakangan ini secara spekatkuler membangun armadanya gede-gedean, Evergreen.

Nah, dengan kawalan 6 (enam) pelayaran raksasa diharapkan sepak terjang duo besar yakni 2M yang dimotori Maersk Line dan MSC bakal memiliki lawan sepadan di hampir semua rute. Blon dihitung sih berapa jumlah armada gabungan diatas.

Edia RRCina yakni Daily China menyebutkan kombinasi pelayaran tersebut diatas sekitar 3 juta TEUs. Seorang professor di Shanghai Maritime University, Dong Liwan menyebutkan komposisi 4 (empat) aliansi strategis saat ini didominasi 2M, O3, CKYHE dan G6.

Gak salah klo itu sih prof. Justru yang menarik setelah terjadi perubahan konstelasi kedepannya. Saat ini COSCO tergabung di CKYHE, CSCL ikutan di O3 bersama CMA CGM, sedangkan APL merupakan anggota aliansi G6.

Intinya memang, jika perwujudan diatas tengah digodok dikawah candradimuka, jangan heran dan jangan cemas, bakal ada kejuatn besar dan besar sekali. Blon kebayang aja karena bisa terjadi dengan segambreng opsi. Klo ini sama itu, klo itu sama ini dst. Pokoé tooop wes.

Industri tengah menghadapi masa-masa menegangkan dan karenanya pengamat sedang menunggu dan menunggu. Perkiraan kita sih sebagai pengamat amatiran bakalan ada kongsi seperti ini nih :

Opsi 1 : China Cosco Shipping (merger antara Cosco + CSCL), CMA CGM + OOCL berada disatu grup sedangkan Evergreen menetap di CKYHE edisi anyar – katakanlah namanya jadi UKYHE – karena UASC yang terhempas dari O3 bakal cari temen buat balas dendam he 3x.

Opsi 2 : CMA CGM yang menggandeng China Cosco Shipping, bakal menarik OOCL dan Evergreen sehingga komposisi ex CKYHE akan melebur dengan G6 jadi apalah namanya gitu. Tapi “K” Line, Yang Ming (YML), Hanjin Shipping (HJS) pasti gak tinggal diam klo Cosco dan Evergreen cabut juga.

Konsekuensi pecahan daro O3, G6 dan CKYHE bisa jadi melebur menjadi dimana “K” Line, YML, HJS, NYK, MOL, HMM sedangkan Hapag-Lloyd (H-L) masih galau, apakah mo bikin aliansi baru ato mo pilih opsi lain, yakni akuisisi satu pelayaran lain. Siapa tahu ?

Alasannya, H-L merupakan satu2nya pelayaran Eropa yang ngegabung di grup Asian Carriers jadi permasalahan budaya biasanya yang akan menjadi batu sandungan. Klo itu gak dirasa banget, boleh jadi H-L ikut serta nih.

Opsi 3 : CMA CGM beraliansi dengan China Cosco Shipping doank sedangkan UASC bakal menjadi daya tarik aliansi lain untuk menarik kekuatan armada barunya. Artinya UASC bisa ditarik ex anggota G6 (lama) menjadi MOL, HMM, NYK, OOCL, H-L dan UASC (menggantikan APL).

Opsi 4 : CMA CGM, China Cosco Shipping dan UASC karena ketiganya merupakan anggota aliansi O3. Kekuatannya bertambah secara gak langsung karena O3 tadinya beranggotakan CMA CGM, UASC dan CSCL, kini bertambah dengan Cosco dan APL.

Aliansi lain CKYHE (dikurangi Cosco) dan G6 (minus APL) melebur menjadi satu. Mungkinkah ? Di industri manapun segala sesuatu bisa terjadi. Mana yang lebih efisien dan ada taruhan politis apa, cuma mereka yang tahu.

Yuuuk kita simak, opsi mana ya yang paling mungkin gampang terwujud. Sori loh ya, opsi2 diatas cuma rekaan editor berdasarkan info yang dimiliki. Jangan dijadiin acuan klo gak yakin. Cukup di batas kita tahu aja. Bravo !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar