Selasa, 29 Maret 2016

JT 290316 : Oakland Hadapi Antrian Truk


Pemerintah Amrik, lambat laun mulai dihujani lagi oleh rentetan kongesti yang terjadi di pelabuhan besarnya. Setidaknya, kali ini menimpa pelabuhan Oakland di pantai barat Amrik yang menjadi salah satu gerbang impor penting negeri Paman Sam.

Yang bikin pening pemerintahan sekarang, Port America dan Terminal Investment Ltd baru aja memutuskan cabut dari pelabuhan Oakland dan ninggalin perkara serius bagi tetangganya. Selama ini, Port America menjadi pengelola Outer Harbour Terminal.

Sebuah laporan resmi menyebutkan kongesti bakal menjadi momok baru lagi di kalangan pemerintahan bila isu ini gak segera dituntaskan. Sampe2 Kepala NITL (National Industrial Transportation League) menyebutnya mirip bencana.

Gimana gak senewen ? Sejak tgl 22/02 lalu, kontainer impor gak bisa keluar. Ada masalah apa ? Tetangga sebelahnya, SSA Containers yang ngelola Oakland International Container Terminals bahkan kebanjiran order kapal sandar.

Di masa normal, setiap minggu SSA menangani 14-15 kapal doank tetapi setelah Outer Harbour Terminal tutup, ehh SSA nanganin 25-27 kapal per minggu dan ini lonjakan luar biasa alias 2x lipat. Hadeuuuuuh.

Untuk ngurusin truk aja, SSA di hari2 biasa nanganin 3.000-4.000 truk setiap harinya tapi sekarang jumlahnya berlipat hingga 5.000-6.000 truk. Jelas SSA kewalahan dan sampe sekarang kebingungan mencari lahan baru untuk keperluan stack.

Permasalahan yang bakal timbul memang rumit. Pelayaran udah ngasih keringanan free time supaya gak kena demurrage, SSA juga udah mesen alat2 anyar tapi khan baru bisa diterima 60-90 hari kemudian.

Hingga saat ini, SSA blon kepikiran mo ngambil alih konsesi dan crane Outer Harbour Terminal karena udah kekecilan. Makanya daripada menyimpan masalah baru, mending beli baru walau kudu sabar dikit karena pasti butuh waktu.

Kini tinggal otoritas terkait, mo mutusin kayak gimana ? Operator sih udah berusaha keras tapi khan disesuaikan dengan kemampuan. Akankah pelabuhan Amrik siap dengan konsekuensi ke depan bila kapal2 lebih gede masuk ke pelabuhan Amrik ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar