Kamis, 24 Oktober 2013

JT 241013 : “Hanjin” Cabut Dari Portland


Pelayaran Korsel, “Hanjin Shipping” (HJS) tengah dirundung masalah, terutama di Amrik sono. Layanan servisnya terganggu sehingga HJS berniat meninggalkan pelabuhan Portland dan mencari alternatif ke Tacoma ato Seattle.

Pelabuhan Portland dikelola oleh “International Container Terminal Services Inc. “ (ICTSI) namun saat ini sedang berpolemik akibat adanya dua asosiasi pekerja yang masing-masing berkepentingan memasok “reefer box monitor”.

“Portland Port Authority” (PPA) kabarnya menyewa “International Brotherhood of Electrical Workers” sementara di pihak lain “Pacific Maritime Association” (PMA) menunjuk “International Longshore and Warehouse Union” (ILWU).

Seperti diketahui, HJS sudah masuk Portland sejak tahun 1994 dan merupakan salah satu anggota aliansi “CKYH” (Coscon, “K” Line, Yang Ming, Hanjin), yang mengisi volume PPA sebanyak hampir 80 % dari total kapasitas.

Bila HJS “cabut”, yang paling terpukul adalah “Fred Meyer and Columbia Sportswear” serta sejumlah perusahaan yang selama ini memanfaatkan pelabuhan Portland. Bila harus bongkar di Seattle maka bisa dibayangkan tambahan biaya trucking dari Seattle ke Portland.

HJS sendiri, selama kuartal 2 – 2013 mengalami kerugian USD 72,3 juta dan net loss USD 32 juta selama semester 1 – 2013. Kedepannya pihak HJS sedang berupaya menghemat biaya agar kerugian yang diderita bisa diminimalisir.

Akibat kisruh diatas, waktu kirim dan produktifitas bongkar-muat di pelabuhan mengalami keterlambatan ato penurunan. Belum antrian truk yang mengantri di gerbang pelabuhan, yang akan mengirim kontainer ke tujuan.
Semoga cepat beres deh. Semua pihak sebenarnya dirugikan. Waspada ...

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar