Kamis, 03 Oktober 2013

JT 031013 : “CKYH” Kurangi Layanan Ke Amrik

Tak hanya jalur Asia – Eropa (AE) yang sedang paceklik kargo, tetapi sebenarnya kargo ke Amrik pun tengah mengalami hal serupa. Ditambah lagi sekarang sedang ada isu “Obamacare” yang menyebabkan ratusan ribu pegawai pemerintahan di Amrik gak akan dapat gaji.

Separah itukah ? setidaknya itu juga yang terbaca secara jelas dari statistik perdagangan sehingga aliansi strategis “CKYH” memutuskan untuk menurunkan frekuensi layanan dari Asia ke Amrik pantai timur, yang semula ada 5 (lima) servis menjadi 4 (empat) servis doank.

Dari ke-5 servis tersebut, 4 diantaranya via Terusan Panama sedangkan 1 lainnya menggunakan ute Terusan Suez. CKYH membekukan servis yang dioperasikan dengan armada kapal “Yang Ming” (YML), nama servisnya “AW3” ato “AWS”.

Kapal terakhir yang berlayar memenuhi target AW3 / AWY : “Valencia Bridge” (4.738 TEUs), baru berangkat dari Ningbo, RRCina. Pelabuhan yang dilintasi AW3 / AWY akan ditutup namun bisa diakomodir di “AW7 / AWS”.

Rangkuman perubahan servis CKYH sebagai berikut:

-       Rotasi AW3 / AWY : Busan – Ningbo – Shanghai – Busan – Manzanillo (Meksiko) – Terusan Panama – Colon – Savannah – New York – Wilmington (North Carolina) – Terusan Panama – Busan.

Nah rotasi AW7 / AWY nantinya, bisa mencakup Ningbo, Shanghai dan Wilmington namun sebagai gantinya Hong Kong dan Kaohsiung digeser dulu. Rotasi terbarunya sbb : Xiamen – Yantian (Shenzhen) – NINGBO – SHANGHAI – Busan – Terusan Panama – Savannah – New York – WILMINGTON – Charleston – Terusan Suez – Busan – Xiamen.

Terhitung mid-Oktober, Yang Ming (YML) akan menjadi co-operator di loop AW7 namun akan diganti menjadi “AW5”. Tadinya YML menjadi slotter (slot partner), kini menempatkan kapal “YM Shanghai” (3.961 TEUs) dan nantinya “YM Keelung” (4.553 TEUs).

Jadual lainnya di jalur Asia - Amrik pantai timur (ECNA) sejauh ini tidak ada perubahan, semisal “AW1 / AWH” dioperasikan oleh Hanjin Shipping (HJS), “AW2 / AWC” dioperasikan Coscon dan “AW4 / AWK” dioperasikan bersama antara YML – “K” Line.

Congrats.


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar