Senin, 07 Oktober 2013

JT 071013 : "SITC" + "Seaspan" Perkuat Armada Kapal

Salah satu pemain regional yang terus berkembang, "Shangdong International Transportation Corporation" (SITC), memastikan order kapal barunya 4 x 1.800 TEUs bakal diberikan kepada "CSBC Keelung", Taiwan. Empat kapal tambahan ini akan menjadi kekuatan SITC.

Saat semuanya siap tempur bakal ada 8 x 1.800 TEUs di armada terbarunya. Kapal pertamanya bakal siap kirim September 2014 dan 7 (tujuh) unit sisanya akan dikirim dengan selang waktu 1-2 bulan ato bakal tuntas di Oktober 2015.

SITC membayar USD 23,8 juta per kapal dan kapal ini yang terbesar yang pernah dipesan. Antara tahun 2011 dan 2013 baru saja selesai memesan 12 kapal ato selusin armada berkapasitas 1.000 - 1.100 TEUs dari beragam galangan di RRCina, Korea dan Jepang. Kini berlanjut lagi !

Di sisi lain, "Seaspan Corporation" mengumumkan bahwa pihaknya bakal membangun 5 x 10.000 TEUs
"Saver-class", sebuah disain kapal yang dirancang tim Seaspan dan dikampanyekan bisa menghemat bahan bakar. Ke-5 kapal ini bakal dibuat di galangan "Jiangsu New Yangzi Shipbuilding" dan "Jiangsu Yangzi Xinfu Shipbuilding", RRCina.

Pesanan ini diperkirakan selesai tahun 2015 dan kabarnya lagi, belum ada yang menyewa seperti biasanya. Bahasa kerennya "still yakin aja dulu" he he he, toh nanti yang perlu datang sendiri. Pasalnya, beberapa unit Saver-class sudah disewa oleh "Hanjin Shipping" (6 unit) dan "MOL" (4 unit) cukup membuat Seaspan optimis.

Dengan tambahan 5 unit diatas, koleksi kapal 10.000 TEUs Saver-class menjadi 15 unit. Kendaraan investasi untuk mendanai pembuatan kapal ini datang dari "Greater China Intermodal Investments" (GCII), sebuah perusahaan patungan antara Seaspan Corp., "Carlyle Group" dan "Blue Water Commerce". Wooow mantabz !

Bedanya, SITC sebagai pendatang baru lebih fokus di kapal-kapal (sebut saja) kecil tapi Seaspan Corp. menggebrak dengan membangun kapal-kapal gede (ka-ge) yang sering dibutuhkan pelayaran global untuk berkompetisi dengan pemain lawan. Ada harga ada rupa. Pas beruntung, ya melejit lah. Kalo lagi apes, prihatin deh.

Congrats !


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar