Jumat, 11 Oktober 2013

JT 111013 : Muatan “Cosco Asia”, Terhubung Ke “IRA”

Ingat sebuah insiden penembakan roket yang sempat ditujuan ke kapal kontainer “Cosco Asia” beberapa waktu lalu ? Serangan yang disebut dilakukan oleh pihak teroris tersebut sempat membuat pemerintah Mesir geram dibuatnya dan industri pelayaran berpikir 2x atas keamana di Terusan Suez.

Pasalnya, kejadian ini justru di area Terusan Suez yang menghubungkan jalur perdagangan vital antara Asia, Med dan Eropa. Entah suatu kebetulan ato ada alasan lain. Indikasinya, dikapal tersebut ada muatan rokok ilegal (selundupan) yang dimiliki seseorang yang memiliki hubungan dengan jaringan tentara Republik Irlandia Utara ato lebih dikenal dengan nama “IRA” (Irish Republican Army).

Kargo ilegal senilai euro 4,3 juta (= USD 5,8 juta) dikirimkan ke alamat palsu perusahaan furnitur di Dundalk, yang dijalankan oleh seorang pengusaha yang memiliki kedekatan dengan IRA. Koq bisa terlacak ? Kebetulan di kontainer miliknya dipasangi alat pelacak, ya nasib dotkom.

Rokok-rokok selundupan ini, kabarnya diperoleh dari Vietnam dan dikapalkan ke Irlandia via hub port Rotterdam, Belanda. “Cosco Asia” (10.062 TEUs) yang tengah melintas membawa muatan tersebut saat di Terusan Suez tgl 31/08 diterabas roket dan menghantam sejumlah kontainer diatas palka.

Video serangan teroris “Al-Firqan Brigade” (konon merupakan afiliasi “Al Qaeda”) namun beruntung api dapat ditangani dengan baik dan kapal bisa melanjutkan perjalanan. Kontainer terlacak saat menuju Dublin via penelusuran satelit.

Dari pelabuhan Dublin, kaontainer diteruskan ke Dundalk, Irlandia. Empat orang sempat diamankan pihak kepolisian namun kemudian dilepaskan karena dugaan penggelapan pajak tidak dapat dibuktikan.

Sekedar info, pihak kepolisian dan pabean Irlandia, selama semester 1 – 2013 berhasil menyita 58 juta rokok ilegal. Lantas, apa kaitan sesama teroris dan saling mengincar ya – bila dikaitkan dengan nama IRA dan Al Qaeda ? Entahlah, itu udah ada yang ngurusin sih.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca JT 110913 “ “Cosco Asia” Korban Serangan RPG dan JT 030913 : “Cosco Asia” (10.062 TEUs) Diserang Teroris.

Yang penting sama- sama tahu aja. Thanks God its Friday, itu aja sih he he he.

Sumber : HKSG. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar