Rabu, 09 Oktober 2013

JT 091013 : "CMA CGM" + "Maersk" Respon Panen Buah

Dimulainya panen besar buah jeruk, diantisipasi dengan baik oleh "CMA CGM" maupun "Maersk Line", langsung melakukan penyempurnaan servis agar hasilnya optimal. CMA CGM membenahi jalur Mesir - Laut Hitam sementara Maersk meningkatkan kemampuan di rute Maroko - St Petersburg.

Paparannya sebagai berikut. Seiring dengan masa panen buah jeruk, pelayaran "CMA CGM" membuka kembali (re-open) jalur kontainer antara Mesir - negara negara di kawan Laut Hitam. Tujuannya :

1) Pertama, murni untuk mengangkut secara langsung hasil panen buah, dari Damietta dan Port Said ke Novorossiysk, Rusia sebagai gerbang produk buah-buahan dan sayuran,

2) Menggabungkan jalur Turki dengan perluasan servis hingga Mesir sehingga cakupannya lebih dan menambah armada, dari 1 unit menjadi 2 unit. Lha iyalah, nambah pelabuhan gheto !

Tadinya cuma ada kapal "Marina" (677 TEUs) dan tambahannya "JRS Capella" (694 TEUs) serta rotasi pelabuhannya disesuaikan sbb: Damietta - Port Said - Ambarli (Istanbul area) - Novorossiysk - Gemlik - Thessaloniki - Piraeus - Damietta.

"United Feeder Service" (UFS) menjadi slotter di rute ini. Selain Mesir, CMA CGM juga menggarap rute Maroko - Rusia dengan servis terpisah (baca: Dunkrus) dan kini mulai diimbangi oleh "Maersk Line - Seago" yang memiliki akses langsung ke St. Petersburg. O .. Ohhh.

Servis yang semula dipasang guna menghubungkan negara-negara Skandinavia dan daratan Eropa dengan Maroko (baca: "KNSM service"), bakal disempurnakan agar bisa mencakup St. Petersburg juga. Maersk-Seago akan menyiasatinya lebih baik lagi.

Tadinya, servis KNSM berakhir hingga Swedia doank namun sehubungan dengan masuknya masa panen buah, Maersk-Seago berinisiatif melebarkan servis hingga St. Petersburg tadi.

Mulai bulan Oktober ini, Maersk-Seago membuka 2 (dua) loop dari Maroko, dengan memasang Casablanca dan Agadir sebagai gerbang utamanya. Servis yang dijanjikan mingguan ini akan memasuki pelabuhan berikut ini,


Casablanca - Agadir - Kiel Canal - St Petersburg - Kiel Canal - Rotterdam - Casablanca. Satu kapal yang dilengkapi fasilitas pemecah es "Sietas 168" (868 TEUs - memiliki 234 reefer-plug) akan bertugas di wilayah ini. Dua kapal lainnya menyusul (belum ditentukan soalnya he he he).

Itu baru Loop 1. Loop ke-2 akan melintasi sejumlah pelabuhan dengan rotasi : Casablanca - Agadir - Rotterdam - Bremerhaven - Kiel Canal - St Petersburg - Gdansk - Kiel Canal - Bremerhaven - Antwerp - Casablanca. Di loop ini akan dipasang 4 (empat) kapal sehingga total armada kapal yang dialokasikan oleh Maersk-Seago untuk mengangkut buah ada 7 kapal.

Kesemua kapal yang dipasang Maersk-Seago merupakan kapal khusus yang bisa melintasi wilayah beku sehingga tidak akan terkendala dengan problem operasional - idealnya sih gitu.

Semoga panen buah kali ini menguntungkan semua pihak ya. Congrats !!!

Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar