Jumat, 26 April 2013

JT 260413 : Akuisisi "Djakarta Lloyd" Masih Alot

Pertanyaan umum, diakuisisi siapa ? Ini nih yang menarik perkembangan di negeri ini. Proses tarik ulur kepentingan yang menentukan hidup-matinya perusahaan pelayaran pelat merah, PT Djakarta Lloyd (DL).

Pelayaran yang dipandang sebagian orang sudah mati suri, rupanya masih dalam proses akuisisi menjadi anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). Tahap due diligent yang sedang dilakukan PIHC sat ini terganjal persoalan yang membelit DL dan hal ini diakui Dirut DL, Syahril Japarin.

Secara finansial persoalannya sudah beres tetapi persoalan hukumnya masih membelengu kemungkinan DL jadi afiliasi PIHC untuk bidang transportasi dan distribusi.  Saat ini, pihak DL memanfaatkan kerjasama dengan PLN.

Dari kondisi legal, lanjut Syahril, jauh sebelumnya aset sudah disita PT Globex Indonesia atas dasar wanprestasi DL membayar medium term note (MT) atau surat utang jangka menengah. Sehingga lelangnya akan dilakukan pengadilan atas permintaan Globex.

Diakuinya, penawaran penjualan aset yang telah dilakukan berlangsung lama. Bisa jadi, kata dia, karena calon pembeli takut atas masalah hukumnya. Ini malah akan membuat nilai jualnya jadi turun atau murah.

Jika nanti akhirnya Pupuk Indonesia mengakuisisi, potensi bisnisnya besar. Selain menjadi anak usaha di bidang transportasi untuk distribusi pupuk dari seluruh anak usaha pupuk seperti Pupuk Kaltim, Pusri, Petrokimia Gresik, dan lainnya, juga mempunyai nilai potensi bisnis untuk disewakan atau menjadi transportasi umum seperti bisnis DL yang selama ini.

Mantabz bozz, maju terus pantang mundur !

Sumber : Bisnis Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar