Jumat, 19 April 2013

JT 190413 : Customer HKG Ngeri Hadapi Hari Buruh

Panjangnya rentang waktu demo yang dijalankan oleh para buruh bongkar muat (stevedoring) di salah satu terminal terbesar di Hongkong, yakni Hongkong International Terminal (HIT) ikut memicu kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, hampir mendekati Hari Buruh alias May Day.

Aksi demo yang sudah berlangsung selama hampir sebulan, ikut membuat carut-marut industri maritim di Hong Kong – khususnya HIT. Tidak sedikit pelayaran yang akhirnya memindahkan port of call ke area Pearl River Delta, RRCina.

Walau boleh dibilang sementara, namun aksi demo diperkirakan akan menggelembung semakin besar di Hari Buruh dan dikhawatirkan memicu aksi serupa ditempat lain. Belum lama ini pendemo malah membuat tenda-tenda didepan kantor Hutchison Whampoa di pusat kota.

Buruh-buruh yang ikut dalam demo ini, dipasok dari berbagai perusahaan ato semacam outsourcing bagi HIT dan sehubungan ngga ada juntrungannya, kini pihak buruh meminta manajemen HIT ikut serta memikirkan nasib mereka.

Sebagaimana diungkap sebelumnya, pihak HIT menolak ikut-campur dalam urusan ini sehingga tak heran, konflik yang ada jadi agak berlarut-larut. Sampai kapan demo akan usai ? Tunggu pesan selanjutnya, siapa yang kuat, daialah yang menang hik hik hik.

Ikut prihatin dengan perseteruan yang ada. Bisa jadi memang berpotensi menjangkiti terminal lain, walau hanya di sekitar Hong Kong. Tapi tetap aja demo itu kegiatan yang mengganggu aktifitas bongkar muat (stevedoring activities).

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar