Kamis, 11 April 2013

JT 110413 : Terminal Hong Kong Dilanda Mogok


Sudah hampir 2 (dua) minggu lamanya, salah satu terminal terbesar di Hong Kong yang dimiliki taipan Li Ka-shing dilanda mogok dan sekarang mengakibatkan kebuntuan dalam distribusi kontainer ke berbagai tujuan.

Setidaknya pihak Hongkong International Terminals (HIT) yang sahamnya dimiliki Hutchison Port Holdings (HPH) mengalami penurunan volume drastis hampir 20 %, demikian juga sebagaimana diindikasi oleh Hong Kong Shipper’s Council (HKSC).

Sekitar 20 cranes dibuat lumpuh akibat mogok kali ini dan kapal kontainer harus menunggu (dwell-time) antara 1-4 hari sebelum bongkar. Prediksi Hong Kong Association of Freight Forwarding and Logistics (HAFFA) s/d tgl 08/04 ada sekitar 120.000 TEUs kontainer yang mandeg.

Pelayaran Evergreen Line (Taiwan) dan MOL (Jepang) merespon kondisi diatas dan memindahkan pelabuhan bongkar ke Shenzhen ato pelabuhan terdekat untuk menghindari ketidakjelasan yang tengah mengurung HIT. Kondisi saat ini dinilai sangat berbahaya bagi reputasi pelabuhan Hong Kong.

Pihak HIT sendiri mengeluarkan maklumat insentif bagi para buruh yang tetap bersedia masuk / bekerja seperti biasa namun truk yang lalu lalang dihadang oleh para pendemo, hingga aksi mendirikan tenda-tenda sementara di sekitar Kwai Chung terminal. Ini malah lebih menghambat.

Berbagai pihak menyayangkan aksi demo yang melumpuhkan Hong Kong sehingga mengganggu citra negeranya di mata dunia internasional, serta menambah pengaruh atas peran pelabuhan di sekitar Pearl River Delta (PRD). Oo  oohh ....

Semoga cepat dicapai kompromi agar semua pihak senang dan gak ada yang dirugikan. Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar