Rabu, 10 April 2013

JT 100413 : Salah Konstruksi, Penyebab Banjir “Emma Maersk”


Teknologi secanggih apapun masih akan menyisakan ruang kesalahan, sekecil apapun. Itu bukti kuasa-NYA Tuhan dan keterbatasan manusia dalam mencipta. Namun diluar itu semua, kita coba menyimak tulisan yang menyorot insiden diatas kapal “Emma Maersk”.

Kejadian tgl 01/02 lalu yang menimpa kapal kontainer milik Maersk Line, saat ruang mesin Emma Maersk mengalami kebanjiran hingga ketinggian mencapai 15-16 meter sehingga kapal mogok dan terpaksa harus ditarik dari area Terusan Suez, Mesir.

Dalam investigasi awal, walau sekat-sekat kedap air di terowongan propshaft dalam kondisi normal namun rupanya air dapat menerobos celah-celah kabel besar di saluran tersebut. Kabarnya, pihak  Maersk Line memang merubah sedikit disain dari rencana aslinya.

Kedepannya, pihak Maersk Line telah menginstruksikan untuk meninjau ulang semua kelemahan yang ada dan mengantisipasinya, khususnya untuk kapal container tipe sejenis Emma Maersk dan saudara sekandungnya (sisterships).

Hasil investigasi ini sudah disampaikan ke pihak pembuat mesin utama Roll Royce. Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 230213 : “Emma Maersk” Masuk Bengkel Italia, JT 180213 : “Emma Maersk” Usai Perbaikan (sementara) dan JT 060213 : “Emma Maersk” Alami Gangguan Mesin.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar