Rabu, 17 April 2013

JT 170413 : “Cosco Belgium” Masuk Antwerp


Ini penghargaan tersendiri bagi Belgia, dimana nama negaranya di tempelkan menjadi nama kapal kontainer terbesar di armada milik pelayaran RRCina, COSCO Container Lines (Coscon), “COSCO Belgium”.

Selain itu, kapal ini baru aja memasuki salah satu pelabuhan tersibuk di Eropa, yakni Antwerp yang terletak di Belgia juga. Kehormatan dunk ? Hari Minggu kemaren 14/04 kapal berkapasitas 13.350 TEUs ini sandar di pelabuhan Antwerp.

CEO Antwerp Port Authority, Eddy Bruyninckx, merasa bersyukur diberi kepercayaan meng-handle kapal segede gambreng dan setidaknya menggambarkan kemampuan pelabuhan tersebut melayani kapal sekelas Cosco Belgium he he he.

Coscon merupakan salah satu customer Antwerp sejak lama. Pertengahan 1990an, pelayaran Cina mengirim kapal 5.000 TEUs dan tahun 2007 mendatangkan kapal 10.000 TEUs. Pengerukan sungai Scheldt sangat mendukung usaha jualan pelabuhan Antwerp.

Selama tahun 2012 saja, Antwerp melayani 167 ultra-large containerships (ULCS) dan selama semester 1 – 2013 sudah membukukan 48 ULCS ato naik sekitar 15 %. Wooow, artinya pertumbuhan ULCS terus menggelembung.

Kapal ini dibuat di galangan Nantong Cosco KHI Ship Engineering, RRCina, dan merupakan perusahaan patungan antara Cosco dengan Kawasaki Heavy Industries (KHI), Jepang. Hasil spektakuler galangan ini adalah saat meluncurkan Cosco Belgium diatas.

Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar