Minggu, 24 Februari 2013

JT 240213 : Mogok Nasional Landa Iberia


Maskapai penerbangan Spanyol, Iberia, bakal menghadapi masalah serius - kehilangan pendapatan euro 100 juta (= USD 133,5 juta) akibat mogok yang dilakukan serikat pekerja yang mewakili staf di bandara / daratan dan pegawai selama 5 hari berturut-turut.

Tuntutan ini muncul sebagai akibat adanya rencana maskapai untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penuruan gaji karena Iberia tengah merugi besar.

Rute yang sangat terkena dampak langsung, ya angkutan penumpang jarak dekat. Sepertinya, untuk rute jarak jauh masih masuk kategori aman, termasuk angkutan penumpang dan barang.

Gelombang demo akan berlangsung dalam 3 tahapan, 5 hari kedepan, dilanjut 04-08/03 dan 18-22/03. Jadi, masih panjang perjalanan untuk memperjuangkan hak-hak pegawai Iberia ini.

Di putaran pertama ini, pihak Iberia diperkirakan bakal menghentikan 400 jadual penerbangan dan bakal mempengaruhi 1.000 jadual penerbangan maskapai lain.

Minggu lalu, Menteri Perhubungan Spanyol, Ana Pastor, menyerukan agar serikat pekerja dan manajemen Iberia melakukan pembicaraan agar tidak terjadi pemogokan yang dapat merugikan kedua belah pihak, disamping mengganggu kelancaran transportasi udara Spanyol.

Bagaimana kelanjutannya ? Kita tunggu perkembangan menarik dalam minggu-minggu ini.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar