Kamis, 21 Februari 2013

JT 210213 : Pelayaran Global Kerjasama UNDP


Belum lama ini, sejumlah pelayaran dan perusahaan minyak berskala global, berkomitmen untuk melakukan kolaborasi dengan United Nations Development Programme (UNDP) untuk membangun ekonomi Somalia.

Perusahaan dimaksud yakni MOL, “K” Line, NYK, Maersk Line, Shell, BP dan Stena menggandeng UNDP untuk menciptakan lapangan pekerjaan di wilayah yang terkenal dengan kreasi perompak Somalia, setidaknya bisa membuat bulu kuduk pelaut bergidik hi hi hi.

Bergidik bukan karena kejamnya tetapi niatan mendapat ransum ato bayaran dari menahan kapal beserta awak kapalnya. Ngga cuma dalam hitungan hari, ada yang ditahan berbulan-bulan bahkan ada yang melewati hitungan tahunan.

Mereka menyiapkan dana USD 1 juta dan inisiatif ini dideklarasikan bulan Februari 2012, dengan tujuan membangun kembali Somalia yang stabil sehingga bisa mengurangi angka pembajakan kapal di sekitar Teluk Aden dan sekitarnya.

Dana sumbangan ini, akan dimanfaatkan UNDP menciptakan pusat pengembangan bisnis (business development center) bagi pemuda-pemudi Somalia di sektor pertanian hingga perikanan. Juga sebagian dana akan dialokasikan untuk mendukung fasilitas yang dibutuhkan generasi muda Somalia.

Selain dana diatas, pihak pelayaran juga tengah mengumpulkan dana tambahan USD 1,5 juta untuk membangun fasilitas proyek lain di Somalia. Setidaknya, mereka sudah berbuat sesuatu dan semoga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar