Selasa, 05 Februari 2013

JT 050213 : APMT Beli Crane Sambut Triple E Class

Triple E ato EEE merupakan kelas kapal yang dipakai oleh pelayaran nomor satu dunia Maersk Line, untuk menyebut kapal generasi terbaru yang memiliki daya muat hingga 18.000 TEUs. Afiliasi APM Terminals (APMT) siap menyongsong kapal-kapal anyar milik A.P Moller-Maersk Group.

Kabarnya, APMT mengalokasikan dana USD 57 juta untuk membeli crane terbaru, dalam jangka waktu 18 bulan kedepan di pelabuhan Algeciras, Spanyol.  Jumlah crane yang dipesan ada 8 (delapan) unit dan dipersiapkan menyongsong kapal berjuluk “triple E” itu tadi.

Investasi ini akan dibenamkan di pelabuhan yang terletak di selatan Spanyol, tepatnya dekat Selat Gibraltar yang menghadap Lautan Atlantik dan kawasan benua Afrika. Pemasok carne-nya yakni ZPMC Shanghai dari RRCina.

Kemampuan 4 unit purpose-built quayside gantry cranes mampu menangani 25 kontainer hingga ujung jangkauan melebar/melintang, 10 kontaine diatas dek kapal hingga menjelajah 19 tingkat kebawah dek kapal. Pokoknya maut deh !

Empat unit lainnya akan dimodifikasi sekitar 5 meter lebih tinggi dari ukuran yang dipesan lebih dulu namun kepastian penempatan semua perlatan ini akan disusulkan, sambil menunggu perkembangan kapal dan terminal Algeciras kedepannya.

Mantabz bener sih kalo orang luar menyiapkan segala sesuatunya. PDCA alias plan – do –check – action !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar