Selasa, 19 Februari 2013

JT 190213 : COSCO, KHI Uji Coba Kapal 13.000 TEUs


Sah-sah aja sih mau uji-coba dimana saja , yang penting layak buat berlayar. Gitu.

Kabarnya, sebuah kapal kontainer berkapasitas 13.000 TEUs buah karya galangan Nantong Cosco KHI Ship Engineering Co. Ltd (NACKS) – sebuah perusahaan patungan antara COSCO dan Kawasaki Heavy Industries (KHI).

Kapal yang diberi nama (sementara) “Cosco Kawasaki 111” merupakan kapal pertama dari total 8 (delapan) unit yang dibangun NACKS dan diluncurkan dari galangan di Sungai Yangtze wilayah rendah menuju perairan Zhejiang, propinsi Kep. Zhousan, RRCina.

Menurut kantor berita “Xinhua”, kapal ini memiliki panjang 366 meter, lebar 31,2 meter sedangkan tingginya mencpai 29,83 meter serta dideklarasikan bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 25 %. Siiip deh.

Huebatnya lagi, kapal ini kabarnya dibangun hanya dalam waktu 58 hari ato 2 bulan kurang dikit. Lokasi galangannya ke arah hulu dari kota pelabuhan Shanghai dan bila diakui benar, maka akan menjadi rekor tercepat membangun sebuah kapal post-panamax.

Rekor sebelumnya, membangun kapal 10.000 TEUs dalam waktu 79 hari ato sekitar 2,5 bulan. Pecah deh rekor dunia membangun secara cepat. Kapal-kapal yang dulu dibangun hingga tahunan, koq semakin instan aja ya ?

Semoga faktor keamanan dan keselamatan tetap menjadi prioritas. Merdeka !  

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar