Rabu, 06 Februari 2013

JT 060213 : "Emma Maersk" Alami Gangguan Mesin



Salah satu kapal kontainer terbesar didunia milik Maersk Line, Emma Maersk, kabarnya ditarik ke Suez Canal Container Terminal setelah kapal tersebut terisi genangan air setinggi 15 meter di ruang mesin utama sehingga memutus tenaga kapal.

Kapal yang berkapasitas 15.550 TEUs dikhawatirkan bisa tenggelam dan menutup Terusan Suez yang cukup vital untuk memotong rute Asia – Eropa dan Asia – Med. Transit time menjadi lebih singkat dan biaya bahan bakar lebih hemat pula.

Emma Maersk dibuat tahun 2006 – dengan panjang 397 meter dan lebar 56 meter – di saat itu merupakan kapal kontainer terbesar dan yang pertama dijuluki “Mega Ship” karena kapasitasnya diatas 14.000 TEUs.

Kapal ini awalnya dipatok dengan kapasitas 13.000 TEUs namun ditingkatkan menjadi 15.550 TEUs dengan penambahan sejumlah slot box – sebelum akhirnya masuklah beberapa kapal lebih besar kapasitasnya beberapa tahun belakangan ini.

Untuk sementara, kapal besar Maersk Line diminta untuk tidak menggunakan “stern thruster” hingga penyelidikan atas banjirnya air hingga ke ruang mesin berhasil diidentifikasi oleh tim penyelam yang tengah ditugaskan.

Kapal sedang dalam perjalanan mengangkut 13.537 TEUs saat memasuki kanal – separo diantaranya dalam keadaan kosong (repo MTY). Pihak Maersk Line tengah mempertimbangkan membongkar dan memindahkan kontainer ke kapal lain ato kapal sewa.

Emma Maersk terkena banjir dari air laut setinggi 15 meter dan merendam sebagian ruang mesin. Perbaikan akan dilakukan dimana, juga belum dipastikan oleh manajemen namun bisa dipastikan Emma Maersk bakal absen 3 (tiga) bulan dari servis.  Cuti dulu ahhh – gitu kalo dia bisa ngomong.

Kapal yang menggunakan mesin 14 silinder besar ini sempat dikabarkan bakal tenggelam di media sosial namun pihak Maersk Line membantah isu bahawa Emma Maersk bisa tenggelam. Kita tunggu yuuuk hasil penyelidikannya ya.

Ikut prihatin deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar