Sabtu, 16 Februari 2013

JT 160213 : “Carnival Triumph” Akhirnya Merapat di Mobile


Pffffuih, setelah terkatung-katung selama 4 (empat) hari diatas kapal pesiar mewah “Carnival Triumph” dan berpesiar tanpa listrik, mimpi buruk 3.200 penumpang kapal pesiar tersebut terbayar dengan sedikit keceriaan dan kelegaan.

Bagaimana tidak ? Teriakan penumpang yang histeris karena merasa gak mungkin melihat daratan lagi ato terombang-ambing selama 4 hari tanpa fasilitas listrik ghitu, akhirnya bisa kembali melihat daratan dan sebelumnya pasti bikin orang senewen setengah mati deh.

Kapal merapat di pelabuhan Mobile, Alabama, Amrik pada hari kamis malam waktu setempat (14/02) ato Jumat pagi bila digunakan waktu Indonesia bagian manapun (15/02). Kapal sepanjang 275 meter selanjutnya harus menanti celotehan para penumpang yang saat ini tengah (ingin) beristirahat.

Saat mendarat saja, sumpah serapah sudah terlontar dan bila media cetak maupun elektronik ingin menggali lebih detil cerita sebenarnya diatas kapal, tunggu dalam hitungan beberapa hari kedepan maka insiden ini bisa jadi petaka serius bagi sang operator.

Awalnya, kapal Carnival Triumph mengalami insiden kebakaran di perairan Meksiko namun akibat kebakaran ini fasilitas listrik terputus dan kapal berada dalam kondisi miring. Akibatnya, sebanyak 4.200 penumpang (termasuk kru kapal) memulai mimpi buruk mereka selama 4 hari tersebut.

Sebagai info tambahan, “Carnival Corp.” merupakan perusahaan yang juga menaungi kapal pesiar “Costa Concordia” – yang setelah menabrak karang di Tuscan, Italia bulan Januari 2012 akhirnya karam dan menewaskan 32 orang.

Sebulan kemudian, saudaranya “Costa Allegra” juga mengalami musibah rusak mesin di Lautan Hindia. Kapal dipandu menuju kepulauan Seychelles saat iti dan tak lama kemudian kapal pesiar ini pun dipensiunkan.

Sekali lagi, ikut prihatin dan semoga standar keselamatan, baik kapal pesiar maupun kapal barang / kontainer tetap mendapat perhatian serius dari pemilik maupun operator, dengan mengedepankan isu keselamatan (safety) !
Rujukan lain yang terkait dengan isu ini, silahkan baca : JT 130213 : Carvinal Triumph Mati Mesin dan JT 100213 : Kapal Pesiar Carnival Triumph Terbakar.

Sumber : Dari Sana-sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar