Senin, 04 Februari 2013

JT 040213 : Total 11 Pelaut Indonesia Di Kapal "Shans 101"

Drama tenggelamnya kapal penangkap ikan milik Rusia “Shans 101” di perairan Jepanag beberapa waktu lalu menyisakan tanda tanya besar, setidaknya dari Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI). Kabarnya ada 11 pelaut namun yang baru diketahui 4 orang saja.

Ke-4 pelaut yang terluka kabarnya masih dirawat di sebuah rumah sakit di Pulau Sakhalin, Rusia. Kapal Shans 101 tenggelam di sebelah timur dekat Svetlaya Village, kawasan Primorve, pada hari minggu 27/01 lalu.

Untungnya lagi, menurut Presidium KPI, Hanafi Rustandi, ke-4 pelaut tadi hanya mengalami hipotermia akibat cuaca ekstrim – saat kapalnya tenggelam dihantam badai besar, diantara suhu minus 6 hingga 8 derajat. Brrr kebayang dinginnya khan …

Kapal ikan berbendera Rusia milik perusahaan perikanan  “Vostok-I Fishing Company” itu diawaki 30 orang, terdiri dari 19 orang warga negara Rusia dan 11 orang pelaut Indonesia. Sisa 7 pelaut dikhawatirkan kecil kemungkinan bisa selamat akibat dinginnya suhu di lokasi.

Menurut Hanafi, ke-4 pelaut Indonesia yang selamat adalah Ferry Seftianto, Abdul Muhamad Muksin, Karyana dan Nurhasim.  Sedang ke-7 pelaut yang hingga kini belum diketemukan adalah Hendra Scorpianto, Agustinus Sitaniapessy, Medi Setiawan, Daskunah, Zaenal Arifin, Adi Pamuji, dan Puji Sulistiawan.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca JT 290113 : Kapal “Shans 101” Tenggelam dan pastinya kita sebagai warga negara Indonesia turut prihatin dengan kejadian ini.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar