Jumat, 01 Februari 2013

JT 010213 : "Auguste Schulte" Kandas Di Maldives


Insiden demi insiden terus silih berganti, khususnya di laut sana. Info terkini, kapal kontainer “Auguste Schulte” yang kandas di sebelah timur Male, Maldives (sebuah negara di sebelah timur benua Afrika). Jarang denger ?

Hari Minggu 27/01, kapal kontainer ini kandas dan menabrak karang sehingga menimbulkan kerusakan cukup fatal dan didenda oleh otoritas setempat / Transport Authority MVR 61,6 juta namun akhirnya dilepas juga.

Pasalnya, pihak agen memberi bank guarantee (BG) berdurasi setahun sambil menunggu hasil investigasi. Pihak agen, Silver Company, membutuhkan info seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan sehingga tanggung jawabnya jelas.

Pihak agen, dengan kawalan phak otoritas terkait dan Environmental protection Agency (EPA) saat ini siap melaksanakan peninjaua. Adapun alasan pembebasan kapal karena bila ditahan lebih lama maka akan menyusahkan semua pihak.

Kapal kontainer Auguste Schulte kandas dekat Male, tanggal 07/01 lalu, setelah berlayar dari Sri Lanka dengan muatan penuh. Kapal kandas saat melakukan manuver masuk pelabuhan dan pihak Maldives Port Ltd menjelaskan, kapal masuk sebelum kapal pandu datang.

Nah lho, Penalti akan dibebankan kepada perusahaan pelayaran yang dengan lalai menyebabkan kerusakan di Maldives. Bahkan bila terbukti kelak karang yang ditabrak rusak, pihak pelayaran bisa dikenai denda MVR 80.000 per meter kubik.

Hmm lumayan juga ya. Kita tunggu deh kabar selanjutnya.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar