Jumat, 08 Februari 2013

JT 080213 : Posisi Boss COSCO Wei Jiafu Digoyang


Didunia manapun gak ada bisnis yang mapan dan abadi. Selalu ada fluktuasi yang harus diantisipasi bila ingin tetap bertahan diposisinya. Setidaknya hal ini, akhirnya dialami petinggi pelayaran COSCO Container Lines, Wei Jiafu.

Pemegang saham minoritas kabarnya menyuarakan agar Cosco segera menyelenggarakan pertemuan darurat guna melengserkan Chairman Wei Jiafu. Hal ini mengemuka setelah China Cosco Holdings merugi hingga USD 1,5 milyar.

Analis sudah memperkirakan kerugian Cosco yang diderita bakal segede gunung ato sekitar CNY 7 milyar (= USD 1,25 milyar) dan sebelumnya CNY 10,4 milyar. Dalam aturan bursa Shanghai Stock Exchange, 3x berturut-turut rugi, “Keluar !”.

Terlepas dari hiruk-pikuk internal perusahaan, setidaknya Wei Jiafu tahun lalu sempat memperoleh pengakuan sebagai orang ke-5 berpengaruh di industri pelayaran global, dalam acara “TradeWinds Power 100”.

Belum lagi iklim bisnis industri maritim memang tengah memble sehingga hampir semua pelayaran sedang tiarap alias mencoba bertahan dan tidak melakukan ekspansi gila-gilaan. Akankah terpaan angin pendukung minoritas bisa menggoyang Wei ?

Wei wei wei, aje gile aje he he he. Just wait and see ‘lah.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar